Daerah

ACT Sumbar Salurkan Bantuan Sepeda Untuk Bu Desi

Dibaca : 698

Padang, Prokabar — Lembaga Kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat menyalurkan sepeda dan gerobak kepada Desi (37) yang nantinya akan dipergunukan untuk berjualan keliling.

Ibu Desi merupakan seorang penerima manfaat dari program MSR (Mobile Social Rescue) ACT Sumatera Barat yang berada di Komplek Jabal Rahmah RT 003/RW 004, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Ibu Desi yang telah lama ditinggal pergi oleh suaminya entah kenapa memikul beban sendiri untuk mengasuh ke 4 buah hatinya yaitu Putri (11) yang masih duduk kelas 6 SD, Fahri (9) kelas 2 SD, Rasyid (5) yang seharusnya sudah masuk TK tapi terkendala biaya dan Farlan (3) masih balita. Rumah yang ditempati Ibu Desi beserta keluartga sekarang ini dalam sitaan Bank dikarenakan menunggak 8 bulan karena ketidaan biaya lagi untuk membayar rumah miliknya tersebut. 

Aan Saputra Koordinator Program ACT Sumatera Barat menjelaskan, daam kesehariannya untuk memenuhi kebutuhan hidup, Buk Desi menjajakan donatnya ke warung-warung dan kantin-kantin sekolah terdekat. Karena kebutuhan hidup yang tinggi dan tidak memilik kendaraan selama ini Buk Desi hanya bisa menjual donatnya ke 2 warung dan satu sekolah yang bisa di jangkau dengan berjalan kaki sekitaran rumahnya, ditambah lagi modal usaha yang minim.

“Biasanya ibu desi hanya punya modal untuk produksi donat 80 buah dengan harga per donat Rp. 1.000, sehingga penghasilan kotornya hanya 80 ribu per hari. Sementara anaknya ada 4 orang yang harus ia hidupi. Pengeluaran buk desi yang rutin saja seperti makan butuh Rp. 500.000/bln, biaya transportasi anak-anaknya ke sekolah 300.000/bln dan uang jajan anak-anaknya Rp. 400.000/bln sementara penghasilannya tak mampu mencukupi kebutuhannya.” terangnya, Jumat (28/12).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Buk desi juga terjerat hutang peninggalan suaminya yaitu angsuran rumahnya Rp. 850.000/bln. Yang Sekarang sudah nunggak hingga 8 bulan dan sudah di lelang oleh pihak bank.

“Alhamdulillah atas izin Allah, amanah donatur ACT Sumatera Barat telah diimplementasi berupa modal usaha seperti sepeda, Etalase dan Modal usaha untuk Buk desi agar mampu mencukupi kebutuhannya dan ke-4 anak-anaknya. Kami sangat terimakasih sekali kepada donatur dan ACT Sumbar atas bantuannya.” teranganya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top