Daerah

Jembatan Darurat Padang – Bukittinggi Dikebut Semalam

Dibaca : 1.2K

Padang Pariaman, Prokabar — Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional III Padang, Aidil Fikri menjanjikan pembangunan Jembatan Baile (darurat) tuntas dalam satu malam menyambung jembatan di jalur utama Padang menuju Bukittinggi, di Pasar Usang, Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Selasa (11/12). Ia menerangkan pembangunan tersebut telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan masyarakat setempat.

“Kita akan membangun dua jembatan beile untuk dua jalur penyeberangan. Jalur pertama akan kita tuntaskan semalam ini, terutama bila cuaca baik. Sedangkan jembatan kedua, beberapa kedai milik warga di tepi jalan ini terpaksa kita dibongkar. Kedai itu akan diberikan biaya ganti rugi,” Ungkap Aidil.

Ia kembali menjelaskan kondisi jembatan lama memang sudah tidak layak dan rapuh. Bangunan yang dibangun melalui pondasi langsung argumen pemasangan batu. Tipe-tipe ini memang harus diganti baru dan lebih kokoh nantinya.

Sementara itu, Kalak BPBD Provinsi Sumatra Barat, Erman Rahman mengatakan saat ini Sumatra Barat memang sangat banyak dilanda bencana. Khsusu di jalur utama Padang Bukittinggi ini, Balai Pelaksana Jalan Nasional III Padang, sudah melakukan percepatan pembangunan.

“Alhamdulillah, Balai Pelaksana Jalan Nasional III Padang melakukan gerak cepat mengatasi masalah ini. Koordinasi dan bantuan Pemerintah Daerah Padang Pariaman, TNI, Polri dan Masyarakat sangat membantu memudahkan segala persiapan. Dan Koordinasi lintas sektoral ini sangat membantu penuntasan masalah bencana alam ini,” tuturnya.

Selain bencana memutus Jembatan Batang Kalu, dan membuat Jalan utama Provinsi Sumatera Barat terputus, jalur Palupuah menuju Lubuk Sikaping juga mengalami bencana. “Jalur Bukittinggi menuju Lubuk Sikaping juga tidak bisa dilalui. Kami dari BPBD Provinsi Sumbar dan PUPR sudah berupaya melakukan pembersihan. Namun kondisi yang sangat parah, masalah tersebut belum bisa tuntas saat ini,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top