Daerah

Longsor Timpa Mushalla Ar Raudah di Simarasok, Pohon Tumbang di Batagak

Dibaca : 650

Agam, Prokabar  Longsor menimpa dinding Mushalla Ar Raudah di Jorong Sungai Angek, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Kamis malam (6/12). Kejadian sekitar pukul 16.30 WIB tersebut mengancam keberadaan rumah ibadah umat muslim tersebut.

Menurut Kalak BPBD Kabupaten Agam, Muhammad Lutfi melalui Kabid KL, Wahyu Bestari kejadian tersebut membuat dinding dari sudut utara dan selatan Mushala Ar Raudah mengalami keretakan. “Sejauh ini ada dua rumah ibadah yang terancam akibat longsor yang terjadi dalam minggu ini. Dan kami sudah melakukan mendata untuk ditanggapi nantinya,” katanya.

Untuk sementara waktu, BPBD Kabubaten Agam sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Baso dan Pemerintah Nagari Simarasok, melakukan pendataan dan penanganan selanjutnya.

Selain kejadian longsor, pohon tumbang juga terjadi di jalan perlintasan Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua. Peristiwa itu terjadi Jumat siang (7/12) sekitar pukul 11.20 WIB.

Akibat kejadian tersebut, jalan sempat tidak bisa dilewati. “Setelah berkoordinasi BPBD Agam bersama pemerintah setempat, material pohon berhasil dibersihkan. Petugas menggunakan Shinsaw untuk memotong badan kayu dan dilakukan secara gorong royong,” ungkapnya.

Penyebab pohon tumbang akibat sudah lapuk. Sementara itu, di lokasi kejadian juga terdapat beberapa pohon lagi yang mengalami genting. “Pohon tersebut juga terancam roboh dan menimpa badan jalan. Dan kami bersama petugas lainnya, akan segera membersihkannya,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top