Daerah

BPBD Agam Bentuk KSB Nagari Taluak IV Suku

Dibaca : 804

Banuhampu, Prokabar — Pembekalan penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran sangat penting dimiliki pada relawan. Bahkan sebuah keharusan dimiliki Kelompok Siaga Bencana (KSB), terutama saat membantu korban terdampak bencana di lapangan.

Oleh karena tenaga KSB wajib dibekali keterampilan penyelamatan dan pemberian bantuan lain saat penanggulangan bencana. Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumbar, Muhammad Risman.

Ungkapan tersebut disampaikan saat dihadapan 35 orang Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Taluak IV Suku kecamatan Banuhampu Agam mendapat pelatihan dasar penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran, di aula kantor Wali Nagari Jum’at (19/10).

“Melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam dan pemadam kebakaran ini, kita jadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat banyak,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi saat memberikan pelatihan dan pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Taluak IV Suku Banuhampu.

Saat bencana terjadi, kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain. Hampir 35 persen merupakan kesiapan diri sendiri. 31,9 persen bantuan keluarga, bantuan tetangga 28,1 persen, bantuan orang lewat 2,6 sekitar. Sedangkan dari SAR 1,70 persen dan lain-lain 0,90 persen.

“Karena itu kesiapsiagaan bagi diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana, lebih utama ketimbang bantuan orang lain,” tuturnya.

Pendidikan dan pelatihan tanggap bencana bagi warga masyarakat KSB bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini.

“Setelah tim relawan ini memiliki sklill penanggulangan bencana alam dan kebakaran, mereka jelas akan sudah memahami apa dan bagaimana bertindak. Baik menyelamatkan diri maupun memberikan perlindungan serta penyelamatan disaat situasi darurat,” tutup Kabid Pencegahaan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top