Daerah

Takut Dengan Tikus, Hasil Padi di Dua Kecamatan Menurun

Dibaca : 278

Tanah Datar, Prokabar – Puluhan hektar sawah di dua kecamatan, Lima Kaum dan Rambatan Kabupaten Tanah Datar dibiarkan terlantar begitu saja oleh petani.

Kondisi ini telah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu setelah terjadinya serangan hama tikus. Serangan hama tersebut membuat petani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Kondisi saat ini, sebagian areal sawah dijadikan ladang, dengan ditanami cabai dan sayur mayur. Yasril, salah seorang petani menyebutkan tak menggarap sawah karena masih khawatir dengan serangan hama tikus. Terlebih, sawah milik petani lain dibiarkan terlantar dengan ditumbuhi rumput liar dan ilalang.

“Kalau kecukupan pasokan air, tidak menjadi kendala saat ini karena sudah musim hujan. Tapi, Rumput dan ilalang yang dibiarkan tumbuh oleh pemilik sawah, otomatis akan menjadi sarang hama. Kalau kita mulai menanam sendiri, sudah pasti padi kita akan menjadi santapan tikus,” ujarnya

Untuk saat ini, para petani masih menunggu saat yang tepat untuk memulai cocok tanam. Akibat tidak digarapnya sawah petani ini, turut mempengaruhi hasil produksi padi di dua kecamatan tersebut.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top