Daerah

TP4D Kawal Pengadaan Peralatan Porprov di Tanah Datar

Dibaca : 354

Tanah Datar, Prokabar – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanah Datar mengawal penggunaan anggaran pengadaan barang dan jasa jelang Porprov 2018.

TP4D memastikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tanah Datar melalui dana hibah yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pemkab setempat tepat sasaran.

Hal iji disampaikan oleh Ketua Tim TP4D Kejaksaan Negeri Tanah Datar Ardi, saat penandatanganan kontrak pengadaan peralatan atlet dan kontingen Tanah Datar dengan pihak rekanan pemenang tender CV. Alta Makmur.

“Ini memang tugas TP4D untuk melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap kegiatan pengadaan peralatan dengan total anggaran sekitar Rp 1,2 Milyar,” ungkap Ardi, Kasi Intel Kejari Tanah Datar.

Ardi menegaskan, sesuai fungsinya TP4D melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap penggunaan anggaran negara. Hasil yang diharapkan adalah pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai koridor, terlebih jika digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Pengawalan dan pengamanan di sini lebih kepada bentuk arahan agar penggunaan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku,” sebut dia.

Meski bersifat pengawalan, TP4D tetap akan bertindak sebagai upaya penegakkan hukum jika ternyata menemukan indikasi pelanggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut karena sesuai UU nomor 23 tahun 2014. Selain melaksanakan pendampingan sebagai tugas pokok, kejaksaan juga dapat memberikan pertimbangan hukum terhadap lembaga lain.

Sementara itu, Ketua KONI Tanah Datar Doni Eka Putra mengatakan jika pengawalan yang dilakukan oleh tim TP4D sangat membantu kinerja KONI dalam memakai anggaran negara, agar semua potensi timbulnya berbagai masalah dalam penggunaan dan pelaksanaan kegiatan itu dapat ditekan.

“Yang terpenting jangan sampai ada pihak-pihak yang terkait melakukan kesengajaan melakukan tindak pidana korupsi. Tidak hanya rekanan, kami di KONI juga akan bermasalah,” ungkap Doni. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top