Daerah

Ini Cara Pemko Pariaman Dongkrak Minat Baca Masyarakat

Dibaca : 452

Pariaman, Prokabar — Pemerintah Kota Pariaman melaui Bagian Kearsipan dan Perpustakaan, Setdako Pariaman terus berupaya untuk mengajak generasi muda dan masyarakat untuk meningkatkan minat baca.

“Kami akan bekerja keras untuk mendorong masyarakat khususnya anak-anak gemar membaca yaitu selain dengan menyediakan perpustakaan pemerintah seperti Perpustakaan Mr.St.Moh.Rasjid  yang berada di Pantai Gandoriah dan kami juga menyediakan perpustakaan keliling,” kata Kabag Kearsipan dan Perpustakaan sekdako Pariaman,  Nen Marni beberapa saat lalu.

Lebih lanjut ia memaparkan, kunjungan pembaca perpustakaan keliling (persling) sejak bulan Februari sampai April 2018 mencapai 305 orang, mulai dari kalangan pelajar maupun masyarkata umum dengan jumlah buku yang dipinjam sebanyak 929 eksemplar, sedangkan pada tahun 2017 jumlah pengunjung persling sebanyak 1151 orang dengan jumlah buku yang dipinjam sebanyak 2631 eksemplar.

“Pada tahun ini, sejak Februari hingga April, Perpustakaan keliling ini telah mengunjungi 71 desa atau kelurahan yang ada di Kota Pariaman dengan peminat pembaca terbanyak terdapat di Desa Kampung Baru, Kami menargetkan kunjungan pembaca pada persling dapat meningkat pada tahun 2018 ini’, jelasnya.

Ia menambahkan agar mencapai target ia akan terus mensosialisasikan akan pentingnya membaca kepada pelajar dan masyarakat Kota Pariaman, sebab membaca buku tentu manfaatnya luar biasa, selain menambah wawasan pengetahuan, keterampilan juga dapat membangkitkan inspirasi dari bacaan itu, sehingga diharapkan nantinya dapat menunjang dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman.

Sementara itu, Kasubag Pengembangan Perpustakaan Salam Pulungan, mengatakan pihaknya berkeliling mengunjungi desa maupun kelurahan hingga ke sekolah dasar yang ada di Kota Pariaman.

”Sebagian besar pengunjung mobil perpustakaan itu dari kalangan masyarakat dan pelajar. Saat ini, minat membaca di daerah itu cenderung meningkat karena perpustakaan keliling dilengkapi aneka buku -buku”, ungkapnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top