Daerah

Warga Minta Dewan Perjuangkan Pengendalian Banjir di Kampung Jambak Batipuh Panjang

Dibaca : 203

Padang, Prokabar – Kampung Jambak Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah merupakan kawasan langganan banjir, jika hujan lebat terus menerus mengguyur kawasan ini selama beberapa jam.

Antisipasi pengendalian telah mulai dilakukan dengan adanya normalisasi pengendalian banjir di batang kandih, yang bersisian dengan kampung Jambak ini.

Meski begitu warga masih berharap adanya pembangunan drainase sepanjang kurang lebih 300 – 500 meter menuju aliran batang kandis.

“Panjang drainase yang perlu dibangun kami tidak tahu persis, tapi mulai dari masjid nurul khairat sepanjang jalan Kampung Jambak ini sampai ke pos pemuda” Sebut Yulina, RT setempat.

Kondisi pemukiman warga yang berada di bawah jalan raya, membuat banjir kerap merendam pemukiman hampir sepinggang orang dewasa.
Perjuangan untuk pembangunan drainase sebagai antisipasi atau pengendalian banjir yang telah lebih sepuluh tahun dikeluhkan ini disampaikan pada pekan lalu.

Mereka menompangkan harapan pembangunan drainase kepada Muhammad Tommy Arby Rumengan, anggota DPRD Padang dari fraksi Golkar DPRD Padang daerah penilihan Koto Tangah, saat reses di Kampung Jambak RW 19, kelurahan Batipuh PanjangPanjang, Kecamatan Koto Tangah.

“Alhamdulillah, permintaan kami ditanggapi dan akan coba diperjuangkan oleh pak Tommy, yang juga anggota komisi pembangunan (komisi III) ” sebut Susan, warga lainnya.

Beberapa permintaan lainnya adalah,permintaan akan tandu, keranda perangkat pemandian mayat, oleh kongsi kematian dan juga bantuan majelis taklim mushalla Abdullah.

Agusmar salah satu ketua RW yang hadir Agusmar menyebut, permintaan lainnya adalah, talut atau pondasi jalan sepanjang 300 meter di Rw 12.
Sementara yang umum adalah seputar BPJS hingga bantuan umum, yang disebut dewan baru dapat direalisasikan di 2026.

Banjir terakhir di kawasan kampung Jambak Kelurahan Batipuh panjang adalah sesaat sebelum masuknya bulan Ramadhan lalu, bersamaan dengan banjir bandang di pesisir selatan. (Adh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top