Daerah

Wujudkan Pilkada Damai, KPU Pasaman Petakan Wilayah Rawan Konflik

Ketua KPU Pasaman, Taufiq. (ist)

Dibaca : 32

Pasaman, Prokabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mengajak masyarakat ikut terlibat dalam menciptakan Pemilu damai yang mampu menciptakan situasi aman, tenang, dan damai dalam tahapan Pilkada Pasaman 2024.

Ketua KPU Pasaman, Taufiq menjelaskan, suasana damai bukan hanya saat proses pemilihan, tapi sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih nantinya.

Apalagi, lanjutnya dengan adanya dukungan dari seluruh instansi terkait, seperti Pemkab Pasaman, Polri, TNi hingga Kejaksaan dan kelembagaan lainnya, Pemilu damai ini harus terwujud.

Diakuinya, deklarasi Pemilu damai ini juga langsung melibatkan ketiga pasangan calon Pilkada Pasaman. Ketiga pasangan calon, Welly-Anggit, Maraondak-Desrizal dan Sabar-Sukardi pun melaksanakan pawai Pemilu damai.

“Alhamdulillah, pawai Pemilu damai tadi berjalan sukses. Kita menyasar titik-titik utama kecamatan untuk menyuarakan Pemilu damai ke tengah masyarakat,” kata Taufiq, Senin (23/9).

“Deklarasi ini semuanya satu tekad menciptakan suasana Pilkada Pasaman berjalan damai, aman dan sukses,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan Pemilu Damai pun, KPU Pasaman sudah melakukan koordinasi dan pemetaan dengan pihak terkait atas daerah rawan konflik. Nantinya, daerah yang dinilai rawan terjadinya konflik ini, bakal dipantau intensif agar menghindari hal-hal di luar Pemilu damai.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita mengapresiasi langkah dan tahapan deklarasi damai yang dilakukan KPU demi terciptanya Pilkada yang kondusif dan damai. Selain itu, Bawaslu juga mengimbau masyarakat untuk tidak terjerumus dalam politik uang. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top