Artikel

Eka Putra, Sang Petarung yang tak Tumbang oleh Covid 19 dan Galodo


Sebagai closing dari wawancara itu, saya menyampaikan selamat bekerja untuknya, dan mengatakan Insya Allah Tanah Datar sudah berada di tangan orang yang tepat.

Dibaca : 3.7K

Oleh: Rizal Marajo (Wartawan Utama)

Hari itu, empat hari menjelang pelantikannya sebagai Bupati Tanah Datar 26 Februari 2021, saya berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Eka Putra, SE, MM. Bupati terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 itu memberi ruang seluas-luasnya kepada saya untuk mengekplorasi dirinya.

Sangat mengesankan, lima belas pertanyaan yang sudah saya siapkan untuknya dalam list question, semuanya dilahap dengan lugas, bernas, dan berkelas. Di akhir wawancara, saya berani menyimpulkan, orang ini punya sesuatu yang bisa diandalkan sebagai pemimpin daerah.

Visinya jelas, dibalut oleh semangat pengabdian yang ikhlas untuk Luhak Nan Tuo. Paparannya jelas, point-pointnya dapat, tidak ngalor ngidul dan merembet kemana-mana. Dari situ saya punya hipotesa yang pasti tentang dia, bahwa Tanah Datar dari A sampai Z dengan segala permasalahannya sudah ada dalam kepalanya.

Sebagai closing dari wawancara itu, saya menyampaikan selamat bekerja untuknya, dan mengatakan Insya Allah Tanah Datar sudah berada di tangan orang yang tepat.

Waktu kemudian menjawabnya, Eka Putra bergelut dengan tugasnya sebagai Bupati. Dengan waktu yang tersedia untuknya hanya tiga setengah tahun, mau tak mau dia harus berpacu dengan waktu. Dia harus bekerja keras untuk mewujudkan janji-janji kampanyenya yang dibalut tagline “Era Baru” Tanah Datar.

Diawal tugasnya, dia langsung dihajar oleh permasalahan Covid-19 yang saat itu sedang puncak-puncaknya. Beratnya pengendalian pandemi itu membuat banyak energi yang harus dicurahkan disana. Eka harus putar otak, dan konsekwensinya banyak dana yang tersedot dan dialihkan untuk pengendalian covid tersebut. Beberapa mata program kerja terpaksa dipending, bahkan di cancel.

Tapi secara umum, ujian pertama berhasil dilewati dengan baik. Dengan sejumlah kebijakan dan terobosan, Tanah Datar termasuk daerah terbaik dalam pengendalian covid-19 di Sumatera Barat.

Setelah covid mereda pemerintahan Eka mulai stabil dalam menjalankan program-program kerja yang sudah disusun, termasuk progul-progul yang dijanjikan semasa kampanye mulai dijalankan. Berbagai kemudahan diberikan kepada masyarakat, misalnya Tanah datar di ujung jari, yakni pelayanan masyarakat yang semuanya berbasikan online.

Halaman : 1 2 3 4

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top