Opini

Mengubah Krisis Menjadi Peluang: Peran Vital Public Relations dalam Menavigasi Situasi Genting

Mengubah Krisis Menjadi Peluang: Peran Vital Public Relations dalam Menavigasi Situasi Genting

Dibaca : 3.8K

Deta Kurniawan
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi
Universitas Andalas

Di dunia bisnis dan organisasi, krisis komunikasi bisa datang kapan saja, membawa potensi kerugian besar baik dalam hal reputasi maupun finansial. Dalam situasi krisis ini, peran Public Relations (PR) menjadi sangat vital. Public Relations yang efektif dapat mengubah badai menjadi peluang, sementara Public Relations yang gagal dapat memperburuk situasi menyebabkan kerugian yang lebih besar. Sebuah krisis yang dikelola dengan baik bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan ketangguhan dan komitmen perusahaan atau organisasi. Sementara, krisis yang ditangani dengan buruk bisa menyebabkan kerugian reputasi yang sulit dipulihkan bahkan bisa saja menjerumuskan perusahaan ke jurang kehancuran.

Menurut Coombs (2015), krisis adalah persepsi tentang peristiwa tak terduga yang mengancam harapan penting dari para stakeholders yang terkait dengan masalah kesehatan, keselamatan, lingkungan, atau ekonomi, yang dapat berdampak serius pada kinerja organisasi dan menimbulkan hasil yang negatif. Meskipun krisis merupakan sebuah peristiwa yang tidak terduga, tetapi sejatinya krisis itu sendiri dapat diprediksi. Public Relations harus bisa menyiapkan langkah-langkah mitigasi dengan baik untuk mengantisipasi krisis yang mungkin saja terjadi. Praktisi Public Relations dewasa ini bukan lagi seperti pemadam kebakaran yang sigap memadamkan api ketika api sudah berkobar, tetapi lebih dari itu, praktisi Public Relations dituntut sedini mungkin melakukan pencegahan supaya api itu tidak muncul ke permukaan. Hal ini bagaikan membangun benteng kokoh untuk meminimalisir risiko terjangan badai.

Namun, perjalanan perusahaan tidak seperti persamaan matematika dasar ketika x + y = 5, jika x = 3 maka y = 2. Dinamika sebuah organisasi sangat kompleks. Bahkan, ketika praktisi Public Relations sudah melakukan pemetaan yang komprehensif sekalipun, krisis itu mungkin saja bisa terjadi. Sejatinya, meskipun krisis merupakan suatu kondisi atau peristiwa yang mungkin bisa menyerang reputasi organisasi, tetapi dengan pengelolaan krisis yang baik, maka bisa saja krisis tersebut menjadi “turning point in history life”, yaitu suatu titik balik yang bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap kelangsungan perusahaan.

Halaman : 1 2 3 4 5

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top