Bola

Sejarah, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026


Indonesia memastikan diri lolos ke Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, seteleh menang 2-0 atas Filipina, SeTimnas lasa (11/6) malam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Dibaca : 2.0K

Jakarta, prokabar – Indonesia memastikan diri lolos ke Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, seteleh menang 2-0 atas Filipina, SeTimnas lasa (11/6) malam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Kemenangan itu membuat Indonesia meraih 10 angka, dan memastikan diri sebagai runner up Grup dibawah Irak, sekaligus menjadi tiket lolos ke putaran ketiga, untuk bersaing dengan tim-tim elit Asia untuk berebut tiket ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat dan Kanada.

Ini juga menjadi capaian tertinggi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia sepanjang sejarah. Karena sebelumnya selalu mentok di putaran pertama.

Dalam pertandingan melawan Filipina, Timnas Indonesia unggul 1-0 pada babak pertama melalui tendangan kaki kanan Thom Haye dari luar kotak penalti pada menit ke-32.

Pada menit ke-47 Indonesia hampir menggandakan kedudukan jadi 2-0. Umpan silang mendatar Calvin Verdonk dari sisi kiri gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Ragnar Oratmangoen yang berada di depan gawang.

Filipina bangkit pada babak kedua dengan tampil lebih agresif. Sejak awal babak kedua The Azkals beberapa kali menekan Tim Merah Putih dan membahayakan pertahanan tuan rumah.

Pasukan Shin Tae Yong terus mencari tambahan gol. Pada menit ke-54 tendangan bebas kaki kiri Calvin Verdonk dari luar kotak penalti mendarat di pelukan kiper Mendoza.

Indonesia berpeluang menambah golpada menit ke-54 setelah mendapatkan tendangan bebas dari sisi kiri. Umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On dari sisi kiri bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Rizky Ridho.

Sundulan Ridho ke sisi kiri gawang Filipina tidak bisa digagalkan kiper Kevin Ray Mendoza yang tampaknya terkecoh dengan sundulan Ridho.

Setelah itu, Indonesia memperoleh sejumlah peluan gol, salah satunya sundulan Jay Idzes yang membentur tiang gawang. Juga beberapa kali peluang dari Ragnar Oeratmangun yang gagal dikonversi jadi gol. Hasil akhir tetap 2-0 untuk tim Merah Putih. (*)

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina:
Indonesia (3-4-3): Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top