Daerah

Mahasiswa KKN UNAND 2023 Sosialisasi Terkait Stunting di Kurai Taji Timur

Dibaca : 528

Padang Pariaman, Prokabar – Mahasiswa KKN Unand (Universitas Andalas) 2023 yang bertugas di Nagari Kurai Taji Timur, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, mengadakan kegiatan sosialisasi terkait stunting dimana kegiatan tersebut sejalan dengan program pengentasan stunting di Sumatera Barat. Kegiatan sosialisasi terkait sunting ini bekerja sama dengan Puskesmas Pauh Kambar dan dilakukan selama 2 hari.

Kegiatan sosialisasi terkait stunting yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unand dimulai pada hari selasa, 25 Juli 2023 dengan sasarannya ibu-ibu yang mempunyai anak usia 0 – 24 bulan. Kegiatan sosialisasi kedua dilakukan pada hari rabu, 26 Juli 2023 dengan sasarannya ibu-ibu yang mempunyai anak usia 25 bulan – 40 bulan.

Kegiatan ini diadakan di salah satu rumah kader puskesmas di Korong Pasar, Nagari Kurai Taji Timur yang berlangsung pada pukul 10.00 WIB sampai 12.30 WIB.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1 hari pertama kehidupan, dan membuat anak menjadi pendek dari anak seusianya. Penyebab stunting ini karena asupan nutrisi yang tidak cukup sehingga anak kekurangan gizi serta mengalami pertumbuhan awal yang buruk.

Masalah stunting merupakan masalah serius yang berdampak pada tumbuh kembang anak dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penurunan angka stunting menjadi tujuan utama untuk menyiapkan generasi bangsa di masa depan yang lebih baik.

Masyarakat di Indonesia sering menganggap bahwa pertumbuhan tinggi pendek anak di pengaruhi oleh factor keturunan, padahal kecukupan gizi merupakan faktor penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

Oleh karena itu, sampai saat ini Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi yang serius terhadap sumber daya manusia. Salah satu permasalahan gizi yang ada di Indonesia adalah pendek (Stunting).

“Saya tidak menjalankan ASI Eksklusif karena sibuk bekerja,” kata salah seorang warga.

Pernyataan tersebut membuat masalah stunting ini tidak mudah diatasi begitu saja. Peran orang tua dalam menjaga asupan gizi anak sangatlah penting dalam tumbuh kembang anak.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top