Daerah

Mulai 1 Juni 2023, KA Sibinuang Berganti Menjadi KA Pariaman Ekspres

Dibaca : 372

Padang, Prokabar – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (Divre II Sumbar) menetapkan kebijakan perubahan nama kereta api (KA) Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres, Mulai Kamis, 1 Juni 2023.

Selain perubahan nama, juga ditetapkan perubahan relasi KA tersebut dari relasi Padang– Naras Pulang Pergi (PP) menjadi relasi Pauh Lima-Naras PP.

Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar, Sofan Hidayah mengatakan, salah satu faktor berubahnya nama dan relasi KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres, agar nama KA Pariaman Ekspres lebih mudah diingat oleh seluruh masyarakat Sumbar.

Selain itu, karena masih banyak masyarakat yang belum tahu akan perpanjangan relasi KA Pariaman Ekspres sampai ke Pauh Lima.

“Jadi dengan hadirnya KA Pariaman Ekspres tersebut bisa menjadi pilihan moda transportasi masyarakat menuju Pauh Lima yang efektif, efisien murah serta tepat waktu, dengan total dalam sehari ada sebanyak 2 perjalanan dari Naras menuju Pauh Lima (KA B1 dan B3),” ujar Sofan.

Meskipun terjadi perubahan pada nama KA, namun fasilitas kereta maupun nomor KA tersebut tetap sama. Yakni dimulai dari B1 sampai dengan B8 (Pariaman Ekspres) dengan Relasi Naras-Pauh Lima.

“Masyarakat di wilayah Padang lebih ekonomis, efisien serta tepat waktu menuju Pauh Lima. Begitupun dengan tarifnya lebih murah jika menggunakan KA Pariaman Ekspres dengan tarif dari Pauh Lima ke Naras hanya Rp5.000,” tambah Sofan.

Tidak hanya perubahan nama KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres dan perubahan relasi KA tersebut. Mulai 1 Juni 2023 juga terjadi perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka).

Sofan berharap dengan adanya kebijakan perubahan nama KA, penambahan relasi KA dan perubahan gapeka ini dapat meningkatkan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

Sofan mengungkapkan, pascapandemi Covid-19 hingga saat ini tingkat okupansi penumpang KA Sibinuang mengalami peningkatan. Di mana, tahun 2021 lalu, kenaikan tingkat okupansi mencapai 80 persen.

Tahun 2022 meningkat menjadi 125 persen. Sementara tahun 2023 ini hingga Mei sudah meningkat mencapai 50 persen lebih.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top