Musik

Pianis Jonathan Kuo Gelar Konser ‘Rachmaninoff Con Appassionato’ Peringati 150 Tahun Kelahiran Rachmaninoff 

Pianis Jonathan Kuo Gelar Konser 'Rachmaninoff Con Appassionato' Peringati 150 Tahun Rachmaninoff  (Foto : Marsha/Jcom)

Dibaca : 353

Jakarta, Prokabar – ‘Rachmaninoff Con Appasionato’ yang berarti Rachmaninoff (komponis asal Rusia) dengan passion (gairah, semangat, cinta) jadi pilihan pianis Jonathan Kuo dalam konsernya, Sabtu (6/5).

Gelaran yang berlangsung di Aula Simfonia Jakarta pukul 17.00 WIB, Jonathan akan tampil sebagai solis bersama orkes memainkan Piano Concerto No. 3 dan Symphony No. 2 (penampilan orkes saja) dihadapan penikmat musik klasik.

“Saya senang kembali lagi ke Indonesia mempersembahkan karya yang terkenal dari komposer Rachmaninoff. Membawakan karya Rachmaninoff adalah impian saya sejak dulu,” aku Jonathan yang mengaku tertantang karena karya Rachmaninoff tidak semua pianis bisa membawakannya.

Selain mewujudkan impiannya, konser ini digelar sebagai peringatan atau perayaan tahun ke 150 dari lahirnya Rachmaninoff. “Jadi memang ada misi khusus dari konser ini yaitu perayaan tahun lahirnya Rachmaninoff ke 150 (April 1873 di Rusia),” sambung Jonathan yang menjalani latihan intens selama tiga bulan jelang konsernya nanti.

Menurut Iswargia R Sudarno (conductor yang juga guru piano Jonathan) menjelaskan bila konser Jonathan nantinya akan melibatkan 61 orang pemusik yang tampil dalam orkes. Menurutnya karya Rachmaninoff membutuhkan instrumentasi yang besar dan variatif.

“Jadi memang dibutuhkan konsentrasi penuh dari Jonathan. Tapi, musiknya sendiri sebenarnya sangat melodis dan ekspresif. Jadi cukup dengan rileks dan menikmati, penonton pasti akan terbawa suasana dan ekspresi dan musiknya,” jelas Iswargia.

“Acara ini cukup panjang dan serius bagi penonton. Konserto yang dimainkan Jonathan bersama Jakarta Sinfonietta yang terdiri atas tiga bagian selama 45 menit. Simfoni yang dimainkan Jakarta Sinfonietta durasinya selama satu jam,” sambungnya.

Pianis Jonathan Kuo Gelar Konser ‘Rachmaninoff Con Appassionato’ Peringati 150 Tahun Rachmaninoff (Foto : Marsha/Jcom)

Iswargia pun menjelaskan bila konser ini digelar sebagai satu dari serangkaian konser dalam setahun (biasanya mencapai belasan, baik dalam bentuk resital solo, maupun sebagai solis dengan orkestra), gelaran ini menjadi misi Jonathan Kuo dalam pencapaiannya sebagai pianis.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top