Daerah

Genius Umar Akan Bicara Inovasi di Pertemuan Perempuan se Asia Pasifik

Dibaca : 352

Pariaman, Prokabar – Walikota Pariaman Didapuk oleh UNDP Indonesia untuk bicara pada tanggal 8 February 2023 di ESCAP Conference Room 3, Bangkok, Thailand. Rencananya, Genius Umar akan  memaparkan kesenjangan digital gender di hadapan ribuan peserta.

Genius Umar akan Memaparkan dua inovasi Aplikasi tentang gender, yaitu Aplikasi Sartika yang merupakan aplikasi layanan aduan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terhubung dengan UPTD PPA Kota Pariaman.

Kemudian juga ada Aplikasi Siti Payung (Sehat Terintegrasi Perempuan Anak Terlindungi). Aplikasi ini memuat data Perempuan di Kota Pariaman, mulai dari pendidikan, golongan darah, penyakit rentan perempuan seperti kanker serviks dan kanker payudara serta layanan kesehatan yang diterima.

Data itu terintegrasi di puskesmas dan rumah sakit. Data tersebut juga dapat diakses untuk mengetahui tentang ibu menyusui, ibu melahirkan, pasangan usia subur, perempuan kepala keluarga, vaksin calon pengantin, akseptor KB, berat lahir bayi dan perempuan penerima bantuan sosial, permodalan perempuan kepala keluarga, kartu prakerja dan layanan di PPT Bunga Matahari RS Sadikin

Aplikasi ini dimaksudkan untuk memetakan kondisi kerentanan dan pemberdayaan perempuan di Kota Pariaman sehingga memudahkan pemerintah kota dan OPD terkait dalam menutuskan sebuah kebijakan yang berfihak dan peduli terhadap perempuan.

Sslain itu juga untuk strategi atau program apa yang akan diluncurkan sehingga penggunaan DIPA dan RKA pada APBD Bisa efektif dan tepat sasaran sesuai kebutuhan warga kota.

Menariknya, aplikasi ini  terintegrasi antar OPD seperti dinas Pendidikan, P3A KB, Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Perindag.

Lebih lanjut Genius juga menjelaskan beberapa kebijakan atau terobosan yang dilakukan di Pariaman seperti program si nina rancak yakni sistem nikah terencana , kurangkan angka perceraian amankan keluarga , kota genius , generasi aman ibu sejahtera

Pariaman juga memiliki perda ketahanan keluarga dan perwako uptd ppa dan juga layanan inklusi PPT Bunga Matahari , kerjasama pendampingan oleh UNDP

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top