Daerah

Erupsi Marapi. Abu Vulkanik Turun di Nagari Padang Laweh

Dibaca : 759

Tanah Datar, Prokabar- Erupsi gunung marapi yang terjadi rabu (11/1) pukul 08.30 WIB menyebabkan abu vulkanik mengguyur wilayah Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar. Abu vulkanik tipis turun di kaki gunung marapi dan belum mengganggu aktifitas masyarakat .

“Masyarakat masih beraktifitas seperti biasa,” tulis Kalaksa BPBD Tanah Datar, Yusnen.

Syafrial, Warga Padang Laweh membenarkan abu vulkanik tipis turun dari gunung marapi. Abu vulkanik juga belum mengganggu aktifitas dan pertanian warga.

” belum mengganggu. Kalau tipis seperti ini bagus buat pertanian kami, ulat yang ada ditanaman itu bisa mati karena abu ini,” ucapnya saat ditemui.

Meski demikian, abu vulkanik yang turun sedikit mengganggu warga untuk mencari pakan ternak.

” rumput yang tertutup abu itu tidak bagus untuk dimakan ternak, bisa sakit kalau ternak kita makam rumput yang berabu. Jadi abu bisa hilang kalau sudah turun hujan. Kalau belum, ya harus dicuci atau disiram dulu rumputnya,” ujarnya lagi.

Menurutnya, Nagari Padang Laweh berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak marapi.

Sumber data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, hingga Rabu 11 januari 2023 terjadi erupsi sebanyak 127 kali dengan rincian Sabtu 15 kali, Minggu 27 kali, Senin 35 kali, Selasa 34 kali dan Rabu hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 16 kali. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top