Bola

Juara Piala Dunia 2022: Argentina Akhiri Penantian 36 Tahun di Final Paling Menegangkan


Argentina akhirnya mengakhiri penantian selama 36 untuk menjadi juara lagi di Piala Dunia, setelah mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022, yang berakhir Senin (19/12) dinihari WIB di Stadion Lusail Iconic, Qatar.

Argentina juara Piala Dunia 2022 dengan sangat dramatis (reuters)

Dibaca : 523

Lusail, bolabeten – Argentina akhirnya mengakhiri penantian selama 36 untuk menjadi juara lagi di Piala Dunia, setelah mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022, yang berakhir Senin (19/12) dinihari WIB di Stadion Lusail Iconic, Qatar.

Argentina menang adu penalti 4-2 atas juara bertahan usai bermain 3-3 setelah 120 menit. Ini disebut final paling mendebarkan dan menengangkan dalam sejarah Piala Dunia. Enam gol tercipta, saling berbalas gol, dan diakhiri adu penalti.

Lionel Messi menjadi bintang dan memahkotai karernya yang gemerlap dengan gelar di Qatar, dimana rival mudanya Kylian Mbappe mencetak hattrick.

Argentina sempat unggul 2 gol berkat gol Messi dan Angel di Maria di babak pertama lalu Mbappe menyamakan kedudukan dengan mencetak 2 gol dari tempo 95 detik.

Di perpanjangan waktu, Argentina kembali unggul lewat Messi, tapi lagi-lagi Mbappe menjadi momok lewat gol ketiganya.

Di adu penalti, sukses mengeksekusi penalti pertama Argentina untuk menghanguskan ambisi Prancis meraih gelar Piala Dunia ketiga.

grafis: iNews.id

“Ayo ayo, Argentina!” seru Messi melalui mikrofon di lapangan dalam perayaan pasca pertandingan.

Kini tidak ada lagi perdebatan. Messi secara definitif berada di jajaran pemain sepak bola terhebat yang pernah ada, bersama Pele (juara Piala Dunia tiga kali bersama Brasil), dan Diego Maradona, mendiang legenda Argentina yang sering dibandingkan dengan Messi.

Messi mencapai apa yang dilakukan Maradona pada tahun 1986, ketika pemain 35 tahun itu mendominasi Piala Dunia 2022 untuk Argentina.

Bintang kelahiran Rosario itu menyumbang tujuh gol dan tiga assist, atau berkontribusi dalam koleksi gol Argentina (15).

Sementara, gelar di Qatar menjadi yang ketiga diraih Argentina setelah tahun 1978 dan 1986.

Argentina juga mengakhiri dominasi negara Eropa yang menjadi kampiun alam empat edisi terakhir Piala Dunia.

Juara Amerika Selatan terakhir adalah Brasil, dan itu juga di Asia kalah Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top