Opini

Uhamka Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Cair di Desa Sukajadi

Dibaca : 455

Oleh : Dr. Adia Putra Wirman, M.Si Sekretaris Prodi D4 Analis Kesehatan FFS UHAMKA

Desa Sukajadi merupakan salah satu desa yang berada dalam kecamatan Pondok Salam, kabupaten Purwakarata, Jawa Barat. Sumber daya alam di desa adalah pertanian dan perkebunan seperti kebun kelapa, pisang dan sayuran. Sawah yang luas ditanami dengan padi, sehingga hasil sawah tersebut sudah memadai dan mencukupi kebutuhan pangan penduduk desa.

Karang Taruna Giri Harja desa Sukajadi sudah berdiri sekitar 5 tahun. Oganisasi ini merupakan organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa Sukajadi. Selama ini kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna yaitu bersifat social seperti santunan anak yatim, meriahkan hari besar agama maupun nasional, gotong royong, dan kebersihan lingkungan desa.

Pada umumnya pemuda mengenyam pendidikan sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagian kecil dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pemuda desa sebagaian besar tidak memiliki pekerjaan tetap, ada yang berkebun/ke sawah, buruh harian, dan bahkan ada yang menganggur. Hal ini merupakan masalah social yang dihadapi oleh desa Sukajadi khusunya pemuda.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah terkemuka di Indonesia terpanggil untuk memberikan solusi berupa memberikan pelatihan softsklill kepada pemuda dan warga desa yang bernaung dalam karang taruna desa Sukajadi sehingga bisa memberikan solusi terkait peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan pembuatan sabun cuci cair ini diketuai oleh Dr. Adia Putra Wirman, M.Si (pemateri/pelatih) dan beranggotakan Dra. Fatimah Nisma, M.Si (ketua Prodi D4 Analis Kesehatan), Meri Suzana, M.Kes, dan Herlina, M.Kes . Kegiatan ini merupakan kerjasama antara prodi D4 Analis Kesehatan/TLM dengan Karang Taruna Giri Harja.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top