Daerah

Ekonomi Melemah, Masyarakat Banyak Jual Emas

Dibaca : 1.2K

Agam, Prokabar – Harga emas dibanding minggu lalu terjadi penurunan harga. Meski demikian, masyarakat banyak menjual perhiasannya berupa emas itu ke toko-toko emas.

“Hal ini disebabkan melemahnya perekonomian. Terlihat intensitas masyarakat untuk menjual emasnya ke toko lebih tinggi saat ini ketimbang membeli emas,” ungkap Masnur salah satu pedagang emas di Pasar Tradisional Koto Kaciak.

Kondisi itu terjadi merata terjadi, khususnya di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Masnur menjelaskan, rata-rata masyarakat yang menjual emasnya mengatakan, dusebabkan terdesak dan terpaksa dijual untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya,” ungkap Masnur.

Berdasarkan itu, ia menyimpulkan kondisi ekonomi masyarakat saat ini secara merata mengalami anjlok. Terutama di Kecamatan Tanjung Raya. Selain melalui pandemi Covid-19 selama dua tahun ini, terjadinya bencana berulangkali di Selingkar Danau Maninjau. Musibah itu berdampak buruk pada kehidupan dan perekonomian masyarakat.

“Ketergantungan hidup atau usaha ekonomi masyarakat sangat tinggi dari Danau Maninjau. Masyoritas mata pencarian masyarakat dari sektor perikanan dan nelayan. Sejak dilanda kematian ikan secara massal secara berturut-turut menyebabkan kerugian amat parah pada masyarakat,” terangnya.

Masyarakat yang masih menyimpan perhiasan berupa emas, terpaksa dijual ke toko emas. Selain memenuhi kebutuhan pokok juga membayar hutang dalam usaha perikanan. Belum lagi kebutuahan sekolah anak yang mulai ujian.

Untuk harga emas sendiri saat ini lanjutnya, terjadi penurunan harga. “Pada seminggu lalu, harga emas murni pedagang membeli dengan takaran 940 per-gram atau senilai Dua juta Tiga ratus Lima puluh ribu Rupiah. Terjadi penurunan harga saat ini menjadi 886 per-gram atau senilai Dua juta Dua ratus Lima belas ribu rupiah.

“Keluhan ini cukup memberatkan kami. Masyarakat lebih banyak menjual emasnya kepada kami ketimbang membeli. Apalagi harga emas murni terus fluktuasi setiap jam. Kita berharap pemerintah dapat memberi solusi untuk stabilnya harga emas dan perekonomian masyarakat kedepannya,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top