Peristiwa

9 Nagari Gelar Pilwanag, Tungka Segera Deklarasi Kampanye Anti Hoax

Apresiasi: Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi pose bersama dengan Pjs Wanag Tungja Syahrul Isman dan Panitia Pilwanag 2018. @rjing

LIMAPULUH KOTA, PROKABAR – Sebanyak 9 nagari di Limapuluh Kota, bakal menghelat Pemilihan Walinagari serentak, 25 Maret mendatang.

Di Tungka, Situjuah Limo Nagari, panitia dan kandidat wanag sepakat, akan melakukan deklarasi kampanye anti hoax dan isu provokatif. Diapresiasi Bupati dan Kapolres.

Selain di Tungka, 8 nagari lain yang menggelar Pilwanag. Rincannya, Situjuah Batua, Muaro Paiti, Galugua, Pangkalan , Guguak VIII Koto, VII Koto Talago, Sungai Talang  dan Nagari Andaleh.

“Saat ini, proses tengah berlangsung. Salah satu nagari yang akan menggelar Pilwanag, yakni Situjuah Tungka, dikabarkan akan ada deklarasi kampanye anti hoak dan Pilwanag Badunsanak,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan

Masyarakat dan Pemerintahan Nagari, Prama Putra AZ, kepada ProKabar.
Pemkab kata Pram, mengapresiasi langkah Panitia Pilwanag Tungka, Pjs Walinagari Syahrul Isman dan Bamus, yang mendorong terwujudnya Pilwanag Badunsanak. “Kami rasa, deklarasi yang akan digelar di Tungka itu, mesti diadopsi oleh nagari lain, khususnya panitia pilwanag,” demikian Prama Putra.

Sementara itu, Debby Cristoper, Ketua Panitia Pilwanag Tungka membenarkan kepada Pro Kabar, jika pihaknya sudah menyepakati bersama Pjs Walinagari, Bamus dan 5 kandidat walinagari, untuk menggelar deklarasi Pilwanag Badunsanak dan pernyataan sikap anti hoax.

“Ini juga menjadi dukungan kami kepada Polri khususnya, dalam menangkal isu-isu provokatif, isu SARA, kampanye hitam serta praktik-praktik tidak sehat dalam menjalankan roda demokrasi di nagari-nagari,” kata Debby Cristoper diangguki panitia lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Debby, usai menggelar rapat dengan Pemerintahan Nagari dan 5 kandidat walinagari, masing-masing sesuai nomor urut, Mitra Zulherman, H. AM Dt Bandaro Kuniang, Arwin Dt Lelo Batuah, Rafles dan Yusrizal Dt Pado, Jum’at (16/3/2018).

Pjs Wanag Syahrul Isman yang juga Kasi Pemnag Kecamatan Situjuah Limo Nagari mengaku, dalam penyampaian visi-misi dan deklarasi Pilwanag Badunsanak dan kampanye Anti Hoax ini, juga sudah dijadwalkan, adanya arak-iring kandidat menggunakan mobil pick-up berkeliling nagari.

“Acaranya Senin (19/3/2018) siang. Insyaallah, pak Bupati akan hadir,” kata Syahrul Isman, yang juga Ketua NU Limapuluh Kota tersebut. Dia mengaku, akan mengawal proses Pilwanag Badunsanak hingga hari H dan pelantikan nantinya.

Bupati Irfendi Arbi dan Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto mengaku apresiasi, dengan akan adanya deklarasi Pilwanag Badunsanak dan Kampanye Anti Hoax di Situjuah Tungka. “Kami menghimbau, tidak ada aksi-aksi provokatif selama pelaksanaan Pilwanag. Apalagi, terkait kampanye hitam dan hoaxs atau berita bohong,” kata Bupati dan Kapolres, terpisah.

Dia meminta masyarakat, tidak ragu melapor, jika menemukan kampanye SARA dan provokatif selama Pilwanag. “Kami akan kawal dan awasi Pilwanag,” demikian Kuswoto. (VBM)

Berani Komen Itu Baik

To Top