Daerah

720 Juta Zakat Karyawan Semen Padang Disalurkan Selama Februari 2021


” zakat disalurkan kepada masyarakat yang tergolong asnaf nan delapan atau yang berhak menerima zakat”

Dibaca : 119

 

Padang, Prokabar- Selama bulan Februari 2021, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang telah menyalurkan dana zakat karyawannya sebesar Rp720 juta lebih kepada masyarakat kurang mampu. Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, ratusan juta dana zakat itu disalurkan melalui berbagai program zakat diantaranya, program pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, ekonomi, serta program, dakwah dan advokasi.

“Dana zakat Rp720 juta lebih itu disalurkan kepada masyarakat yang tergolong asnaf nan delapan atau yang berhak menerima zakat. Mereka terdiri dari faqir, miskin, amil, muallaf, pemerdekaan, berhutang, fisabilillah dan sabil,” kata Oktoweri.

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif menambahkan, untuk asnaf faqir pada periode Februari, pihaknya telah menyalurkan zakat karyawan sebesar Rp60 juta lebih kepada 360 orang penerima manfaat biaya hidup rutin dan 6 orang biaya hidup nonrutin.

“Selain fakir, dana zakat Rp60 juta lebih itu juga disalurkan kepada jompo, janda dan cacat yang tinggal di Kota Padang, khususnya di sekitar ring 1 perusahaan PT Semen Padang, seperti Lubuk Kilangan, Lubeg dan Pauh,” ujarnya.

Kemudian untuk ashnaf miskin, Arif menyampaikan bahwa pihaknya pada periode Februari, menyalurkan dana zakat sebesar Rp268 juta lebih dalam bentuk beberapa program. Di antaranya, program peduli ekonomi berupa modal usaha untuk 70 orang penerima manfaat.

Kemudian peduli kemanusiaan berupa biaya hidup insidentil yang diberikan kepada 6 penerima manfaat, dan untuk lembaga sosial kemanusiaan berupa insentif yang juga diberikan kepada 6 orang penerima manfaat dan program peduli hunian diberikan untuk 1 kepala keluarga berupa perbaikan rumah.

Selanjutnya, program kesehatan untuk 3 orang penerima manfaat, seperti pembelian alat bantu dengar, bayar hutang berobat di rumah sakit dengan dibayarkan langsung kerumah sakit dan bantuan bayar tunggakan BPJS Kesehatan.

“Sedangkan untuk program ekonomi, yang kami lakukan adalah pemberdayaan dengan melakukan pembekalan kewirausahaan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan kepada para penerima manfaat bantuan modal usaha, seperti marketing dan akuntansi praktis,” tuturnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top