Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Seekor Harimau Sumatera Masuk Perangkap BKSDA

Dibaca : 245

Padang Pariaman, Prokabar – Seekor Harimau Sumatera berhasil ditangkap melalui perangkap harimau atau kerangkeng di Korong Surantih, Nagari Lubuak Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (13/7).

Hilman, Walinagari Lubuk Alung menyebutkan harimau tersebut berhasil tertangkap karena masuk perangkap atau kerengkeng besi yang dipasang oleh pihak BKSDA Sumbar yang diumpan menggunakan daging kambing.

“Kita di Nagari mendapatkan informasi pukul 08.00 WIB, Senin pagi (13/7), namun dari informasi warga setempat harimau itu masuk perangkap sekitar pukul 09:00 WIB Minggu malam dimana warga mendengarkan suara auman harimau itu yang sangat kuat,” tutur Hilman dilokasi harimau terperangkap, Senin (13/7).

Lebih jauh Hilman mengatakan bahwa harimau itu kini sudah dievakuasi pihak BKSD Sumbar ke Padang untuk diisolasi.

Sebelumnya, sambung Hilman, harimau itu sudah meresahkan warga Surantih Lubuak Alung, dimana tujuh ekor kambing ternak milik warga habis dimangsanya, sehingga pihak Nagari melaporkan kejadian itu kepihak BKSD untuk melakukan penangkapan dengan menggunakan perangkap dan sebelumnya pihak BKSDA melakukan dulu pemasangan kamerah mengintai.
Dari kamerah pengintai itu diketahui bahwa memang ada harimau yang berkeliharan didaerah itu, sehingga pihak BKSDA melakukan pemasangan perangkap dengan umpan daging kambing.

“Alhamdulillah, satu dari dua harimau yang diduga berkeliharan di daerah Surantih Lubuk Alung itu berhasil ditangkap. Kita berharap satu lagi harimau yang masih berkeliaran juga ditangkap, agar masyarakat tidak takut dan cemas lagi,” sebutnya.

Masyarakatpun dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, agar ternak maupun warga aman dari hewan langka itu.

“Harimau tersebut selanjutnya dievakuasi ke Padang untuk dirawat sementara waktu. Nantinya di sana akan diperiksa dulu kondisi kesehatannya sampai waktunya dilepasliarkan kembali ke habitatnya,”Ungkap Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar, Eka Damayanti di Surantih Lubuk Alung, Senin (13/7). (Syh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top