Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pemilik Lahan Tolak Pembangunan Puskesmas di Selatan Surantih, Ini Alasannya

Dibaca : 310

Pesisir Selatan, Prokabar — Rencana pembangunan Puskesmas rawat jalan di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, ditolak atau digugat oleh pemilik lahan.

Pasalnya, lahan pembangunan puskesmas yang disiapkan pemerintah nagari setempat ternyata tanpa sepengetahuan Kaum Suku Sikumbang Paga Basi.

Mamak Kepala Waris Kaum Suku Sikumbang Paga Basi, Gusnedi mengatakan, tindakan pemerintah nagari dan Pemkab Pessel untuk membangun puskesmas merupakan tindakan sepihak dan tanpa ada musyawarah dengan pemilik lahan.

Nasrul Abit Indra Catri

“Pemerintah bagari dan Pemkab Pessel belum ada musyawarah dengan pemilik lahan Kaum Suku Sikumbang untuk membangun puskesmas itu, “ujarnya pada Prokabar.com Kamis (28/5). Kemaren.

Ia menambahkan, sehubungan dengan perencanaan pembangunan puskesmas di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, karena perencanaan tersebut belum mendapatkan kesepakatan dengan Kaum Suku Sikumbang.

“Maka kami Mamak Kaum Suku Sikumbang Paga Basi sebagai pemilik tanah menyatakan menolak atau mengugat pembangunan tersebut dengan alasan perencanaan tersebut belum mendapatkan kesepakatan dengan kami, “ungkapnya.

Gusnedi menceritakan, bahwa tanah itu awalnya dibuat perjanjian sementara oleh kaum Suku Sikumbang dengan pererintah nagari untuk pembagunan Sekolah Dasar (SD). Dengan dengan luas 2 ribu meter.

Dalam perjanjian berbunyi, apabila sekolah tersebut tidak lagi difungsikan maka tanah tersebut kembali ke Kaum Suku Sikumbang. “Nah, sekolah itu sudah tidak difungsikan lagi sejak 40 tahun silam,” jelasnya.

Namun, tanah yang bakal dibangun puskesmas awalnya 2 ribu meter, kini menjadi 4 ribu meter.

“Kami terkejut tiba-tiba pemerintah nagari menyerahkan tanah tersebut ke Pemkab untuk dibangun Puskesmas, makanya kami tolak atau kami gugat,” ujarnya lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa mengatakan, hari ini Sabtu (30/5) pemerintah nagari dan pemerintah kecamatan mengadakan rapat bersama dengan Kaum Suku Sikumbang untuk mencari jalan terbaiknya.

“Pemerintah nagari dan pemerintah kecamatan hari ini Sebut rapat bersama dengan Kaum Suku Sikumbang untuj mencari jalan terbaiknya, nanti kalau hasilnya sudah keluar akan kami kabarkan ke publik, “tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top