Daerah

58 Kasus DBD Selama Januari, Pemko Ingatkan Warga Waspada

Padang, Prokabar — Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan memperingati masyarakat untuk waspada penyakit demam berdarah dengue (DBD). Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani saat dihubungi Prokabar.

Dirinya memaparkan, selama bulan Januari 2019, Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat ada 58 kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD). Angka ini memang menurun jika dibanding pada Januari tahun lalu namun hal tersebut tidak dapat jadi patokan.

“Untuk di Padang memang tidak terjadi lonjakan, tahun lalu ada 60 kasus dengan satu kematian selama bulan Januari sedangkan tahun ini 58 kasus. Yang kita wasapadai adalah lonjakan, karena kawasan kita merupakan endemis DBD,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sebagai langkah antisipasi pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk perlu mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah.

“Nyamuk yang dikenal elit, karena hidup dan berkembang di air tergenang yang bersih dan menggigit saat pagi serta sore hari,” terangnya.

Menurutnya, saat ini, pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M, yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain. Kedua, menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum.

“Ketiga, mengubur bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. Karena disana air kerap tergenang sehingga menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk,” terangnya.

Selain sosialisasi, pihaknya juga melakukan fogging untuk memutuskan mata rantai nyamuk dewasa. “Kalau foging hampir tiap hari selama Januari kita lakukan. Namun itu hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, jentik nyamuk akan tetap hidup, karena itu perilaku hidup bersih lebih diutamakan,” tutupnya. (hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top