Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

533 KK Warga Nagari Lubuak Jantan Lintau Hidup Dibawah Garis Kemiskinan

Tanah Datar, Prokabar – Wali Nagari Lubuak Jantan Mukhlis menyebutkan di nagarinya masih terdapat keluarga miskin sebanyak 533 KK atau sekitar 16 ,9% dari jumlah penduduk. Jumlah penduduk di Nagari itu sebanyak 11.325 jiwa atau 3.155 KK yang terdiri dari 11 Jorong.

Dalm upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang perekonomian masyarakat, pemerintah nagari telah membentuj Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag), peningkataj produksi rumah tangga, dan beberapa program lain.

“Selain upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita juga terus memperbaiki sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan, seperti tertuang dalam misi nagari,” ucapnya saat Musrenbang 2020.

Pada tahun 2020, Pendapatan Nagari yang bersumber dari Dana Nagari, Bagian dari Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Alokasi Dana Nagari (ADN) dan pendapatan lain-lain mencapai Rp. 3 miliar lebih. Sementara, belanja nagari mencapai Rp.5.miliar lebih yang sebagian besar terserap pada bidang pemerintahan dan pembangunan, sementara kegiatan pembinaan 18,59% dan pemberdayaan 13,01%.

“Kedepan difokuskan pada peningkatan kualitas SDM dan pendidikan, peningkatan pembangunan pertanian, peningkatan dan pengembangan pariwisata, peningkatan pelayanan publik, dan penanggulangan bencana alam dan pelestarian lingkungan hidup,” sampainya.

Anggota DPRD Tanah Datar Jonedi pada kesempatan tersebit juga menyinggung masalah pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanah Datar yang tidak mencapai target. Dari 5,8 % target tahun 2019, baru tercapai 5,026%.

Selain itu, persoalan juga perlu menjadi kajian pemerintah daerah, karena anggaran untuk pengembangan pertanian itu sendiri masih sangat minim.

Sementara itu Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH mengatakan bahwa apa yang telah disepakati dan menjadi prioritas pada saat musrenbang dapat terealisasi dengan baik.

Anggaran nagari yang cukup besar, untuk itu harus dikelola dengan baik, sehingga tepat sasaran dan percepatan pembangunan di nagari dapat tercapai.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top