Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

450 Sertifikat Program PTSL Diserahkan BPN Tanah Datar Kepada Pemilik

Dibaca : 419

Tanah Datar, Prokabar – Dengan menerapkan protokol kesehatan, sebanyak 450 sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diserahkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanah Datar kepada masyarakat, Senin (9/11). Berbeda dengan kondisi normal, penyerahan dilakukan secara simbolis dengan penerima yang terbatas.

Bertempat di aula eksekutif kantor Bupati Tanah Datar, seluruh penerima berasal dari 3 nagari di dua kecamatan, diantaranya Nagari Cubadak, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum dan Nagari Tabek Kecamatan Pariangan.

Kepala BPN Tanah Datar, Nurhamida mengatakan, pembagian sertifikat oleh pemerintah ini guna memberikan jaminan kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu, dengan adanya sertifikat, kedepannya juga dapat meningkatkan perekomian pemilik sertifikat itu sendiri.

“Selain sebagai jaminan kepastian hukum, sesuai dengan harapan presiden, sertifikat yang diterima hendaknya dapat meningkatkan perekonomian pemiliknya melalui perbankan. Akan tetapi, setelah dijaminkan jangan dijadikan sebagai bahan konsumtif, melainkan untuk berusaha,” ujarnya saat ditemui usai pembagian sertifikat.

Lebih lanjut Nurhamida menjelaskan jika dari target 1000 bidang tanah di Tanah Datar pada tahun 2020, PTSL hanya terealisasi sebanyak 450 bidang. Sementara, sisanya tidak terealisasi karena berbagai kendala, salah satunya kepemilikan tanah yang merupakan milik ulayat kaum.

“Yang memenuhi syarat itu hanya 450 bidang.Sedangkan sisanya 550 bidang hanya sampai pada K3.1 yaitu belum lengkap,” jelasnya.

Menurut Nurhamida, jika hal ini terjadi karena di Tanah Datar, dan Sumatera Barat pada umumnya kepemilikan tanah itu berbeda dengan daerah lain, jika di daerah lain cukup dengan melakukan penguasaan fisik dan keterangan dari lurah, Namun di Sumatera Barat harus ada persetujuan mamak kaum terlebih dahulu, dan nagari.

“Masyarakat kita juga banyak merantau, orangnya ngak disini sedangkan kita butuh tanda tangannya, itu kendala juga,” katanya lagi.

Sementara, ditahun 2021, pihaknya akan kembali mencanangkan program PTSL di Tanah Datar dengan target 19000 sertifikat dan Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 3977.

“Nantinya program ini ada di 5 nagari, salah satunya nagari batu basa di kecamatan Pariangan. Bagaimanapun kita telebih mengajukannya ke provinsi,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan 2 sertifikat hak pakai kepada pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar. Sertifikat hak pakai itu diterima oleh Pjs Bupati Tanah Datar, Erman Rahman yang diwakili oleh Edi Susanto Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Tanah Datar. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top