Daerah

45 Napi Di Sumbar “Merdeka”

Padang, Prokabar — Sebanyak 2.281 narapidana di Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan remisi umum pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Dengan remisi itu, 45 napi dinyatakan bebas.

“Kami ucapkan selamat. Semoga remisi ini memberi kesempatan kepada saudara untuk senantiasa berbuat baik. Jadilah insan taat hukum, berakhlak dan berbudi luhur, bermakna dan berguna dalam hidup dan kehidupan,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Rutan Klas IIB Padang, Anak Aia, Kota Padang, Jumat (17/8).

Gubernur menuturkan, remisi yang diberikan sejatinya merupakan hak setiap narapidana yang ditetapkan Undang-Undang (UU) sebagai wujud apresiasi atas perbaikan diri yang tercermin dalam perilaku sehari-hari selama masa penahanan.

“Oleh karena itu, remisi dapat dipandang sebagai stimulus bagi napi agar senantiasa berbuat baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan KemenkumHAM Sumatera Barat Dwi Prasetyo dalam laporannya menyebutkan, tidak semua narapidana di Sumbar diberikan remisi.

Pihaknya menginformasikan masih banyak yang tidak memperoleh remisi umum. Total napi di Sumbar sekitar 5.000 lebih, sementara yang mendapatkan remisi 2281 orang.”

Dijelaskan Dwi, narapida yang tidak mendapatkan remisi adalah mereka yang belum memenuhi syarat untuk diberikan remisi umum.

“Mungkin nanti di remisi khusus mereka peroleh haknya,” ucap Dwi. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top