Daerah

45 Anggora DPRD Padang Resmi Dilantik

Padang, Prokabar – Sebanyak 45 anggota DPRD Padang periode 2019-2024 secara resm diambil sumpah dan janjinya sebagai anggota dewan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas 1 Padang, Rabu (14/8) di Gedung DPRD Padang, Jalan Sawahan.

Prosesi pelantikan itu dilakukan dalam paripurna DPRD Padang dipimpin Ketua DPRD periode 2014-2019 Elly Thrisyanti didampingi Wakil Ketua Asrizal dan Muhidi.

Pelantikan pun berjalan dengan tertib dan khidmat dengan disaksikan Walikota Padang Mahyeldi, Wakil Walikota Padang Hendri Septa serta pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang periode sebelumnya. Juga hadir unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli, Ketua GOW Kota Padang, Genny Putrinda serta stakeholder terkait lainnya.

Walikota Padang Mahyeldi membacakan sambutan Gubernur Sumbar menyampaikan, pelantikan ini menandai sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Padang.

Penyerahan Memori Tugas dari Ketua DPRD Padang periode 2014-2019 Elly Thrisyanti kepada Ketua Sementara Syahrial Kani.

“Kini saatnya saudara-saudara Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024 melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kota Padang. Oleh karena itu, peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah dengan tugas legislasi, anggaran dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah, memegang peranan yang sangat strategis dalan menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengemukakan bahwa saat ini Kota Padang masih dihadapkan kepada pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat secara lebih layak, kerawanan bencana, stabilitas keamanan serta keharusan dalam menjaga kearifan lokal sebagai ciri khas daerah yang menjadi landasan pelaksanaan otonomi daerah.

“Kami memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah dibangun antara pemerintah kota dan DPRD Kota Padang periode 2014-2019 selama ini, yang secara nyata telah mampu menyelesaikan sebagian permasalahan di Kota Padang melalui berbagai aktifitas pembangunan yang terencana dan terlaksana dengan sinergi diantara semua pihak. Kami berharap, kiranya kebersamaan tersebut mampu ditingkatkan oleh Pemko Padang bersama seluruh Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024,” harapnya.

Pemasangan Pin Emas kepada perwakilan anggota DPRD Padang yang dilantik.

Lebih lanjut tambah wali kota, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan selamat atas telah diresmikannya seluruh Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024 hari ini. Laksanakanlah amanat yang telah dipercaya masyarakat Kota Padang ini dengan sebaik-baiknya. Lanjutkan program pembangunan yang telah direbcanakan sebelumnya, serta mari ciptakan inovasi-inovasi baru utnuk mempercepat pembangunan Kota Padang ke depan,” tukas Mahyeldi.

Sementara itu Mahyeldi juga menyampaikan beberapa hal yang dinilai penting untuk disampaikan kepada seluruh Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024. Pertama sekaitan Peraturan Daerah (Perda) Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 harus diselesaikan pertengahan September tahun ini serta APBD TA 2020 yang mesti pada akhir November 2019. Selanjutnya juga adalah sekaitan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024 yang harus ditetapkan pada Oktober 2019 ini.

“Jadi maka untuk itu, kegiatan prioritas menunggu kerja keras daripada Anggota DPRD Kota Padang periode jabatan 2019-2024. Mudah-mudahan Insya Allah, sesuai dengan jadwalnya semuanya berjalan dengan lancar, sehingga semua kegiatan pembangunan termasuk belanja daerah dapat berjalan baik dan maksimal.”

“Untuk itu kepada seluruh Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024 serta semua elemen dan stakeholder terkait, mari kita saling bahu-membahu membangun persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Padang hingga masa-masa mendatang,” tukas Wali Kota Mahyeldi mengakhiri.

Adapun unsur pimpinan DPRD Kota Padang sementara langsung diumumkan, yakni menunjuk Syafrial Kani dari Partai Gerindra sebagai Ketua dan Arnedi Yarmen dari PKS selaku Wakil Ketua. Hal ini sesuai usulan dari Partai masing-masing sebagai Parpol yang memperoleh Kursi terbanyak.

Sementara Ketua sementara Syahrial Kani berharap seluruh anggota dewan yang baru dilantij untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai aturan perundang-undangan

“Kita harap sinergitas antara eksekutif dan legislatif dapat berjalan dengan baik sehingga pembangunan kota Padang dapat terwujud sebagaimana harapan kita bersama,” pungkasnya. (mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top