Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

39 Warga Tanah Datar Dikarantina Karena Pernah Kontak Pasien Covid-19

Dibaca : 1.9K

Tanah Datar, Prokabar – Tim penanganan Covid 19 Tanah Datar mencatat hanya 39 orang menjalani karantina di Balai Diklat Kemendagri Agam, dari sekian banyak yang diduga pernah kontak dengan pasien positif corona. 39 orang tersebut, akan menjalani karantina selama beberapa hari kedepan, sampai melewati batas inkubasi penyebaran covid 19, 14 hari dari H – 2 kontak.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengungkapkan, jika selama karantina ke 39 orang tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin dan pemberian suplemen serta vitamin. Selain itu, seluruhnya juga dianjurkan untuk berjemur dan berolah raga.

“Ada 39 orang. Kegiatannya disana, pemeriksaan kesehatan, olah raga, dan kita juga menganjurkan untuk berjemur dari pagi hingga siang,” kata Yesrita.

Sebelumnya, sempat beredar hasil tracking petugas terhadap orang orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif corona di berbagai media sosial. Dalam data tersebut, tertulis sebanyak 88 orang dan kemudian divalidasi ulang karena sesuatu hal.

“Kita sekarang menemukan ada data yang tidak sebenarnya. Maksudnya, setelah rapid kita lakukan, kita tanya apa dia kontak dengan pasien, dijawab iya, tapi tidak kontak erat, hanya kontak dari jauh. Jadi data awal disampaikan itu tentu berubah. Tidak semuanya kita karantina,” ungkap juru bicara tim covid 19, Abrar.

Orang yang akan dikarantina berkategori benar benar kontak erat dengan pasien sejak H-2 dengan jarak 1 meter lebih kurang dan satu ruangan dengan pasien. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top