Selebritis

35 tahun Berkiprah di Dunia Musik, Dwiki Dharmawan Diganjar Penghargaan Internasional

Tangerang Selatan, Prokabar – Rasa haru, bangga dan bahagia, mewakili perasaan musisi Dwiki Dharmawan ketika menerima WIPO Medal For Creativity 2018. Bertempat di istana wakil presiden, Dwiki menerima penghargaan dari Jusuf Kalla di acara Peringatan Hati Kekayaan Intelektual Sedunia.
“Alhamdulillah saya dipercaya mendapat penghargaan dari WIPO yaitu World Intellectual Property Organization. Sebagai musisi yang mengangkat kekuatan musik tradisi Nusantara di pentas global. Lebih dari tujuh puluh negara di dunia,” aku Dwiki ketika ditemui Prokabar di Music Cafe Bintaro.

Selain Dwiki, penghargaan WIPO GOLD MEDAL for INNOVATION diberikan kepada Raymond Rubianto Ph.d. Dua penghargaan lain yaitu WIPO IP ENTERPRISE TROPHY untuk PT PERTAMINA (Persero) dan WIPO SCHOOL CHILDRES’S TROPHY untuk Muhammad Faried Hussein.

Berdasarkan data Global Competitiveness Index dari World Economic Forum 2016-2017, Indonesia menempati peringkat ke-41 dari 138 negara dengan pilar inovasi menduduki peringkat 31, subpilar kapasitas inovasi menduduki peringkat ke-32, subpilar belanja teknologi tinggi pemerintah peringkat ke-12, dan subp’ilar paten internasional menduduki peringkat ke-99.

Wakil Presiden Yusuf Kalla menyampaikan bahwa saat ini diperlukan upayaupaya peningkatan inovasi teknologi terapan yang lebih dapat diaplikasikan secara komersial, sehingga seluruh hasil inovasi tersebut dapat mendongkrak posisi daya saing Indonesia di kancah ekonomi global. Salah satu upayanya adalah penguatan dan pengembangan HKI melalui perolehan paten atas invensi yang dihasilkan.

“Untuk mengejarnya, perlu upaya melalui peningkatan sumber daya manusia serta anggaran dan fasilitas riset yang memadai untuk mendorong terciptanya inovasi yang dapat diaplikasikan,” papar Wapres.

Dari penghargaan yang diraihnya itu, Dwiki persembahkan untuk pejuang dijalur musik Indonesia.

“Penghargaan lni bukan semata mata untuk saya, tetapi untuk semua teman-teman saya di seluruh Indonesia yang telah bergiat dan berjuang di jalur seni musik, serta berjuang dalam bidang Kekayaan |ntelektual,” ujar Dwiki yang juga menjabat sebagai Chairman AMI Awards dan Ketua Umum Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) PAPPRI dan juga Direktur dari Lembaga Pendidikan Musik Farabi. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top