Budaya

25 Orang Ninik Mamak Lubuk Basung Dikukuhkan

Lubuk Basung, Prokabar — Seiring memudarnya peranan Ninik Mamak di Ranah Minangkabau, menjadi perhatian serius dari Pemerintahan Kecamatan Lubuk Basung.

“Kita sangat paham, di Ranah Minang Ninik Mamak adalah pemimpin dalam kaumnnya. Peran dan fungsinya sangat berpengaruh di tengah masyarakat. Tambah lagi kita berada di Ibukota Kabupaten Agam. Sehingga diperlukan peran besar dalam menunjang berbagai program kelembagaan,” ujar Camat Lubuk Basung, Harmezi saat pengukuhan KAN Lubuk Basung periode 2019-2022, akhir pekan kemaren.

Ia menambahkan ninik mamak dapat berperan menunjang berbagai program lembaga dan bekerjasama intensif dengan semua pihak.

Ketua KAN Lubuk Basung priode 2019-2022, Novi Endri Datuk Simarajo menambahkan, program perdana pihaknya melakukan pembinaan intensif di internal lembaga khusus bagi sako dan pusako. Permasalahan tanah ulayat juga bagian agenda terpenting untuk diulas dan dibahas.

“Disamping itu, kita juga melakukan sosialisasi dan pemantapan tentang adat bagi seluruh ninik mamak secara rutin di kantor adat ini,” terangnya.

Program lainnya, mengembangkan program seni budaya yang ada di nagari, sehingga anak kemanakan mengenal lebih mendalam tentang dinamika adat dimiliki selama ini.

“Setidaknya sebanyak 130 ninik mamak atau penghulu dari 7 suku mendukung penuh program yang ada dan dijalankan dengan sebaik baiknya,” pungkas. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top