Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

14 Parpol dan Satu Tim Pemenangan Serahkan LADK di Pasaman

Dibaca : 301

Pasaman, Prokabar, — Waktu penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) telah ditutup KPU Pasaman. 14 partai politik (Parpol) sudah menyerahkan LADK tersebut.

“Dari 14 parpol yang menjadi peserta pemilu 2019 di Pasaman, semuanya sudah menyerahkan laporan dana awal kampanye dan tidak ada yang terlambat,” ujar Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi, Senin (24/9).

Rodi mengatakan, tidak hanya partai politik yang sudah menyerahkan LADK kepada KPU Pasaman, tim pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden (Capres-Cawapres) pun juga sudah menyerahkan LADK, yaitu dari Paslon nomor urut 2.

“Satu dari dua tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni dari Paslon Prabowo-Sandi telah menyerahkan laporan dana awal kampanye kepada KPU Pasaman,” terang Rodi.

Kasubbag Hukum KPU Pasaman Yuliardi Oyong menambahkan, laporan dana awal kampanye ini akan dilakukan pencermatan. Pencermatan laporan tersebut mengacu kepada petunjuk teknis pelaporan dana kampanye.

“Apabila dari hasil pencermatan tersebut ada hal-hal yang belum lengkap atau tidak sesuai Juknis dan perlu perbaikan maka KPU Pasaman akan menginformasikan kepada Parpol dan memberikan kesempatan kepada parpol utk melakukan perbaikan 5 hari ke depan sampai tanggal 28 September mendatang,” tuturnya.

Selain itu pada kesempatan yang sama, Juli Yusran Komisioner KPU Pasaman menambahkan, terkait kewajiban para peserta pemilu menyerahkan dana awal kampanye sesuai UU No 7 Tahun 2017, perlu diketahui bahwa UU No 7 Tahun 2017 mengisyaratkan bahwa kalau ada peserta pemilu dalam hal ini Parpol yang terlambat atau tidak menyampaikan laporan dana kampanye dapat dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu di wilayahnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top