Daerah

111 Tahun PT Semen Padang, Terus Mengabdi untuk Negeri


“Pada 18 Maret 2021, PT Semen Padang genap berusia 111 tahun. Peringatan HUT tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun penuh makna”

Dibaca : 94

 

Padang, Prokabar. Pada 18 Maret 2021, PT Semen Padang genap berusia 111 tahun. Peringatan HUT tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun penuh makna. Disebut penuh makna karena diperingati dalam suasana keprihatinan akibat wabah COVID-19 yang berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa.

Dalam kondisi itu, perusahaan yang berdiri sejak 18 Maret 1910 masih terus bertumbuh (growth) dan menunjukkan dharma baktinya kepada bangsa dan negara.

“Sejarah mencatat bahwa di sinilah awal mulanya pabrik semen di Indonesia dan Asia Tenggara berdiri. Sebuah perjalanan panjang yang sarat dengan nilai sejarah dan penuh makna,” kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri yang didampingi Direktur Keuangan, Tubagus Muhammad Dharury, dan Direktur Operasi, Asri Mukhtar.

PT Semen Padang secara resmi dibangun pada 1910, pertama beroperasi tahun 1913, dengan kapasistas produksi 22.900 ton/tahun. Perusahaan berkembang dengan pesat. Jumlah pabrik aktif saat ini 5 plant. Beroperasi dengan kapasitas 8,9 juta ton/tahun.

Upgrade teknologi terus menerus dilakukan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Di antaranya sistem informasi pabrik yang terintegrasi, labor kualitas yang canggih dengan sistem robotik, raw mill terbesar di dunia, digitalisasi monitoring peralatan pabrik dan lain sebagainya. Hal ini sejalan dengan visi misi kita untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

PT Semen Padang sangat menyadari, bahwa inovasi adalah daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan di industri semen yang sangat sengit.

“Saya sangat bangga kita telah menghasilkan banyak inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan dan telah diakui di kancah internasional,” kata Yosviandri.

Selain membidik bisnis semen, perusahaan telah mengembangkan bisnis non semen, di antaranya : workshop yang mampu memproduksi peralatan pabrik, jasa pengujian labor, memproduksi produk turunan semen seperti poros konkrit, rumah cepat bangun, dan lain sebagainya.

“Komitmen perusahaan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) tak pernah surut. Kita menyadari bahwa kesinambungan (sustainability) dan pencapaian kerja perusahaan ditentukan di antaranya oleh hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat,” kata Yosviandri.

Transformasi organisasi terus dilakukan melalui langkah-langkah strategi untuk tetap bertahan dan berkembang di tengah kompetisi yang kian ketat, seperti sentralisasi fungsi strategis dalam hal penjualan, didukung Supply Chain Management (SCM) yang baik, pengadaan, distribusi, ekspor semen dan klinker masih berjalan baik.

Halaman : 1 2 3 4

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top