Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

11 Pemain Terbaik Semen Padang FC Versi Suhatman Imam

Dibaca : 1.7K

Padang, prokabar – Semen Padang FC adalah klub besar di Indonesia. Salah satu tim eks galatama yang masih tersisa. Disamping eksistensi yang terjaga, prestasinya juga tak kalah bercahaya. Salah satu legendanya adalah Suhatman Imam.

Suhatman Iman memang tak pernah tercatat sebagai pemain Semen Padang FC, karena lebih identik dengan PSP Padang. Tetapi dia  menjadi pelatih terlama yang pernah menukangi Kabau Sirah dan telah banyak menorehkan prestasi.

Pria asal Koto Anau Solok ini mencatat, sejumlah prestasi terbaik Semen Padang di pentas sepakbola nasional maupun internasional lahir di tangannya. Sebagai orang yang lama di lingkungan Semen Padang FC, Suhatman tentu memiliki rancangan 11 pemain terbaik sepanjang masa Semen Padang di benaknya.

“Untuk formasi sendiri saya tetap nyaman dengan 4-4-2. Formasi ini memiliki kelebihan defending dan attacking yang baik,” kata Suhatman, seperti dikutip skor.id.

Mulai dari posisi penjaga gawang, Suhatman menyebut nama Zulkarnain Zakaria, yang saat ini menjadi pelatih kiper Semen Padang FC. “Sebenarnya saya punya dua nama kiper, yaitu Zulkarnain Zakaria dan Trisno Pandi, keduanya bagus. Tapi karena hanya satu pilihan saya pilih Zulkarnain,” katanya.

Untuk dua stopper, Suhatman memilih Renato Elias dan Nil Maizar. Renato dianggap pemain pintar, cerdas membaca pergerakan lawan, dan tenang. “Kalau Nilmaizar penjagaan lawannya bagus, organisasi saat bertahan juga bagus,” ucap Suhatman sambil menambahkan bahwa Nil salah satu yang terbaik.

Posisi bek kiri, Suhatman menilai Erol Iba yang terbaik, karena Erol memiliki kualitas bertahan dan menyerang sama baiknya, utamanya untuk umpan silang. Sedangkan untuk posisi bek kanan ia memilih Endra Mahyuni. Menurut Suhatman kualitas Endra memiliki kesamaan karakter sama dengan Erol Iba.

Untuk dua gelandang bertahan, ada Effendi Ibrahim dan Syafrianto Rusli (eks-pelatih kepala Semen Padang FC) menjadi pilihan Suhatman. “Effendi punya pertahanan dan penyerangan bagus, cara bergerak dan cara melepas bolanya bagus. Syafrianto Rusli pengatur dan ball possession-nya juga bagus,” katanya.

Sementara dua pemain sayap kanan dan kiri, pilihan jatuh kepada Elie Aiboy untuk kanan dan Esteban Vizcarra untuk sisi kiri. Elie dinilainya sebagai pemain yang memiliki kecepatan dan crossing bola yang akurat. Adapun Vizcarra dribbling dan penetrasinya sering merepotkan lawan.

“Untuk sayap kanan, selain Elie Aiboy sebenarnya saya juga suka dengan Aprius, keduanya punya kualitas yang menonjol,” ujarnya

Terakhir, dua penghuni posisi striker, tidak pikir panjang lagi, Suhatman menyebut jelas nama Edward Wilson Junior dan Taufik Yunus. “Edward punya finishing, dribbling, dan penjagaan bola yang bagus. Kalau Taufik guiding-nya bagus dan tenang saat berada di depan gawang,” tegas Suhatman.(mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top