Daerah

100 Unit Jamban Untuk Warga Pasaman

Pasaman, Prokabar — Senyum sumbringah hadir dari ratusan Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di empat nagari, Kabupaten Pasaman. Mereka dapat kado yang bertepatan di HUT ke-73 RI. Kado, yang selama ini diidam-idamkan. Ialah fasilitas jamban.

Bahkan, Ketua LKKS Provinsi Sumatera Barat, Nelvi Irwan Prayitno telah melakukan peletakan batu pertama pertanda bantuan ratusan fasilitas jamban ini resmi dibangun.

Wakil Ketua LKKS Kabupaten Pasaman, Mira Delima Atos Pratama didampingi Ketua Harian LKKS Pasaman, Maslan Nasution dam Kepala Dinas Sosial Efka Emi serta Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal menjelaskan, untuk tahap awal ini, ada 100 KK miskin di empat nagari di daerah itu terima bantuan pembangunan jamban sehat dari LKKS Provinsi Sumatera Barat.

“Sebanyak 25 jamban di Nagari Ganggo Mudiak, Bonjol dan Nagari Sundatar, Lubuk Sikaping. Berikutnya, 30 jamban di Nagari Panti, Kecamatan Panti dan 20 jamban lagi di Nagari Lubuk Layang, Rao Selatan,” kata Mira, Kamis (16/8).

Total bantuan pembangunan jamban sehat ini senilai Rp33 juta. Dimana Rp25 juta merupakan bantuan Baznas. Selebihnya, sebesar Rp8 juta bantuan LKKS Provinsi Sumbar untuk 100 jamban leher angsa.

“Jamban merupakan fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit. Penggunaan jamban tidak hanya nyaman, melainkan juga turut melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat,” pungkas Mira. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top