Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

100 Orang Kepala SMA Sederajat Ikuti Orientasi Kepramukaan se-Sumbar

Dibaca : 199

Agam, Prokabar — Sebanyak 100 orang kepala SMA/SMK/SLB dan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) di tiga daerah Sumatera Barat, mengikuti Orientasi Kepramukaan di Balcone Hotel, Tilatang Kamang, Agam, Sabtu (22/8). Daerah tersebut seperti Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang.

Pembukaan acara dipimpin Wakil Gubernur sekaligus Kakwarda 03 Sumbar, Nasrul Abit. “Kamabigus adalah garda terdepan sebagai pendidikan karakter, dimana kita melakukan pembinaan terhadap generasi muda yang penuh tantangan,” ungkapnya.

Latihan pramuka bagi generasi muda harus diberikan dengan sebaik-baiknya. Nantinya akan dikembangkan dimasa depan mereka. Kamabigus harus siapkan generasi mudanya di sekolah dengan latihan pramuka. Bagaimana seni seorang kakak Kamabigus mempoles generasi muda itu bisa ikuti latihan.

Kedepan, Kakwarda Sumbar mengharapkan tanggung jawab generasi muda dalam pengembangan karakter dan ini adalah tanggung jawab bersama. Mulai dari Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, bahkan termasuk wali nagari harus mampu kembangkan pramuka ini, terang Nasrul Abit.

“Mari duduk bersama dalam membina dan tanggung jawab kita dalam persiapan generasi muda untuk menyongsong era globalosasi,” imbuh Wakil Gubernur tersebut.

Ketua Pelaksana Edwarsyah Ramli, dalam laporannya menyebutkan, orientasi bagi Kamabigus se Sumatera Barat juga mengisi kegiatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020.

Orientasi pramuka bagi Kamabigus SMA/SMK/SLB se Sumatera Barat dengan narasumber Kakwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat, dan andalan Kwarda yang disampaikan acara panel.

Orientasi bagi Kamabigus SLTA merupakan kegiatan awal ahun 2020 dan akan dituntaskan kegiatan ini pada tahun 2021. Selesai orientasi Kamabigus kegiatan Harpram ke-59 juga dilaksanakan rapat kerja daerah ditempat yang sama.

“Usai pembukaan orientasi pramuka bagi 100 orang Kamabigus SMA/SMK/SLB dari tiga daerah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi pentingnya latihan pramuka bagi generasi muda yang berpangkalan di sekolah dan juga di kalangan masyarakat,” pungkasnya. (rud/yun)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top