Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​Weno Ingatkan Kenyaman Berusaha di Padang Pertimbangan Utama bagi Investor 

Dibaca : 764

Padang, Prokabar – Investasi sebuah keharusan bagi Kota Padang untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Ujung-ujungnya pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.
Hanya saja investasi tak hanya menyangkut kemudahan birokrasi perizinan. Lebih dari itu  kenyamanan dalam berusaha mutlak diperlukan. “Tak  akan ada investasi yang masuk ke Padang tanpa adanya kenyamanan dalam berusaha,” ujar Weno Aulia Durin di Padang, Sabtu (9/11).

Pungutan yang tak jelas dasarnya oleh oknum warga, beragam macam permintaan, aksi premanisme, bahkan ancaman penutupan akses ke lokasi usaha kerap dihadapi pengusaha. “Ini harus dicarikan soluasinya ke depan,” lanjut pengusaha itu.

Tindakan-tindakan demikian tentunya memicu biaya tinggi dan ketidakpastian yang kerap mendorong investor membatalkan niatnya berusaha di ibukota provinsi ini. Dalam hal membuat bangunan saja contohnya, ada kelompok masyarakat yang memaksa mereka yang harus memasok material dengan harga yang mereka tentukan, belum lagi beragam pungutan dan sejumlah syarat yang membebani. Jika hal itu tak dituruti, keamanan berusaha di lokasi itu tak terjamin.
Menurut Weno, persoalan itu tak hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan aparat keamanan dan proses hukum, tetapi juga dengan cara persuasif. “Tumbuhkan kesadaran di masyarakat bahwa usaha itu akan bermanfaat bagi mereka yang berdomisili di sekitarnya. Konkritnya dorong terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat yang siap menjaga investasi di lingkungan mereka,” ulasnya.

Pengalaman di daerah lain, kelompok-kelompok masyarakat yang berisikan tokoh warga dan pemuda di dalamnya ampuh untuk menciptakan kenyamanan bagi perusahaan di daerah setempat. “Pemko perlu mendorong lahirnya kelompok-kelompok masyarakat seperti itu. Hal ini pun tak perlu anggaran besar. Political will pemerintah yang diperlukan. Ini perlu disegerakan,” ulasnya.

Ia mengingatkan, anak-anak muda di kota ini sangat membutuhkan lapangan. Kerja. Pemerintah wajib mendorong investasi dengan menciptakan kenyamanan berusaha di daerah ini. (eda)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top