Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​Wabup Limapuluh Kota : Kamis Tidak Ada Jawaban, Pengadilan Menanti

Dibaca : 877

Padang, Prokabar — Perseteruan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dengan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, makin memanas. Dalam jumpa pers di Padang, Wabup didampingi kuasa hukumnya Ali Mukti mengancam akan mempraperadilankan Bupati.

“Jika sampai hari Kamis, Somasi yang sudah dilayangkan klien kami tidak ditanggapi bupati, maka kami akan membawa persialan ini ke ranah pengadilan,” kata Ali Mukti alias Boy London.

Somasi ini dilayangkan oleh Wakil Bupati pada jumat (3/11) lalu. Gara garanya karena Wakil Bupati dianggap tidak ada, berdasarkan Perbup 50 nomor 31 Tahun 2016. Perbup itu berisi tentang perjalanan dinas harus seizin bupati atau sekretaris daerah. 

Ferizal Ridwan menganggap peraturan ini mengkebiri haknya sebagai wakil bupati. “Wakil Bupati adalah pengawas dan pembina seluruh OPD, dengan perbup ini, jelas jelas mengkebiri hak wabup,”terang Buya, panggilan akrab Ferizal Ridwan.

Sebelum somasi ini dilayangkan, Wabup mengaku sudah membuat nota dinas atas keberatan keluarnya Perbup tersebut. Namun tidak ada tanggapan dari bupati. 

“Jika somasi ini ditanggapi kami siap untuk islah, ini demi kepentingan masyarakat 50 Kota,” ujar Wabup melalui kuasa hukumnya. 

Sementara itu, kuasa hukum pemkab 50 Kota Hengky Matondang, seperti yamg dikutip Singgalang, menyebutkan saat ini bupati telah merapon somasi tersebut. Pihaknya tengah mencarikan solusi agar persoalan ini bisa diselesaikan. 

Konflik Bupati dan Wabup Limapuluh Kota ini tidak pernah reda. Sebelumnya Wabup melantik sejumlah pejabat ketika Bupati melaksanakan ibadah haji. Pemprov Sumbar melalui sudah melakukan langkah mediasi, namun usaha tersebut masih gagal. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top