Ekonomi

​Kopi Sumbar Dijajakan Hingga Belgia

Padang, Prokabar. Kopi Sumbar dari dulu hingga sekarang, punya gengsi tersendiri. Tak salah dulu, kopi dijadikan komoditi utama Bangsa Belanda, untuk dibawa ke tanah Eropa. Akibatnya masyarakat terpaksa minum daun kopi, atau dikenal dengan kopi kawa daun.

Lalu sekarang, kopi asal Sumbar masih saja dilirik. Saat ditawarkan oleh gubernur ke perusahaan Molenbergnatie di Belgia, ternyata mendapat sambutan positif. Perusahaan itu adalah pengumpul dan pemasok kopi terbesar di Eropa. Kopi Nestle, Starbuck dan lain lain, diambil dari perusahaan ini.

Kata manager perusahaan itu, kopi sumbar merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Tak salah perusahaan yang sudah berdiri 150 tahun lalu ini, mencari bibit kopi kualitas unggul di Sumbar.

Menanggapi hal ini Gubernur Sumbar yang melakukan kunjungan ke Eropa, meminta daerah memanfaatkan peluang ini. ” tentu yang dibeli adalah kopi dengan kualitas terbaik” Kata Irwan Prayitno.

Dalam kunjungan tersebut juga diikuti oleh Bupati Agam, Solok Selatan dan Sijunjung. Ketiga daerah ini mengaku menyanggupi untuk membuat kopi kualitas ekspor. (eda)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top