Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​Inilah Gubernur Sumbar dari Masa ke Masa

Dibaca : 4.1K

Padang, Prokabar – Sekarang gubernur Sumbar, Anda tahu, Irwan Prayitno. Murni orang partai yaitu PKS.
Profesor ini sudah dua periode menjabat. Usianya 54 tahun. Periode pertama sebenarnya dia tak hendak maju namun last minutes dia diimbau untuk maju dan menang. Periode kedua ia tak terkalahkan.

Sebelum dia, gubernur Sumbar Prof Marlis Rahman, 11 bulan karena menghabiskan sisa waktu. Ini terjadi gubernur Gamawan Fauzi ditarik oleh SBY jadi mendagri.

Marlis sebelumnya wagub dan jabatan profesionalnya menjelang itu, rektor Unand.

Gamawan Fauzi yang pernah hilang di hutan Bukit Sambuang antara Lubuk Minturun dan Singkarak itu adalah gubernur yang memulai karir dari bawah.

Kasubag pemberitaan di Biro Humas Pemprov Sumbar, kemudian jadi kabiro humas merangkap sespri gubernur Hasan Basri Durin.

Gamawan jadi bupati Solok dua periode. Ibukota Arosuka dibangun pada era Gamawan Fauzi.

Sebelum Gamawan adalah Zainal Bakar, sebelumnya sekda Sumbar. Zainal mantan bupati Padang Pariaman dan pernah jadi humas di provinsi.

Pernah ada pejabat gubernur  kala Gamawan hilang di rimba. Sekejap saja.

Gubernur sebelumnya Mukhlis Ibrahim yang mengundurkan diri saat presiden BJ Habibie. Ia mundur karena ada dua calon wagub Nurmawan dan Zainal Bakar. Nurmawan mantan ketua bappeda Sumbar dan bupati Solok. Jakarta setuju Zainal jadi wagub maka Mukhlis Mundur.

Sebelum Zainal gubernur Sumbar Hasan Basri Durin. Dua periode dia menjabat.

Mantan wako Padang ini pamong senior yang hebat. Dia menjadi gubernur dua periode karena didukung Presiden Soeharto. Padahal Mendagri Rudini tak suka. Apapun Hasan kemudian menang.

Sebelumnya Azwar Anas, ia dipanggil pulang oleh Gubernur Harun Zain untuk membenahi Semen Padang. Dari catatan Prokabar.com pabrik itu akan dijual sebagai besi tua ke Prancis. Namun rencana itu buyar, karena ditangan Azwar Anas, PT Semen Padang berangsur berlaba.

Salah satu cara membangkitkan semangat soal Semen Padang, Azwar mendirikan klub sepakbola.

Azwar jadi gubernur dua periode dan Sumbar amat giat membangun.

Azwar menggantikan Harun Zain yang memimpin Sumbar karena dipanggil pulang oleh gubernur sebelumnya, Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa.

Harun jadi gubernur di masa paling sulit yaitu seusai PRRI. Dialah yang meresmikan kantor gubernur sekarang.

Kantor itu dibangun oleh gubernur yang ia gantikan, Brigjen Polisi Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa. Dia polisi pertama di Indonesia yang jadi gubernur. Kejujurannya sama hebatnya dengan Kapolri Hoegeng.

Kaharoeddin mengembalikan anggaran sebanyak satu koper uang, meski di zaman PRRI.

Sebelumnya gubernur Sumatera Tengah adalah Roeslan Muljohardjo tapi masa jabatannya kena tirai gangguam oleh Dewan Banteng yang ketuanya Achmad Hosen. Semasa Dewan Banteng pembangunan di Sumbar berjalan maju. Habis itu datanglah PRRI.

Nah itulah riwayat singkat gubernur Sumatera Barat (eda)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top