Daerah

Vaksinasi Covid 19 Tahap 2 di Tanah Datar Sasar 1514 Orang

Dibaca : 129

 

Tanah Datar, Prokabar. Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kabupaten dalam penanganan serta pencegahan penyebaran Covid 19. Selain melakukan kampanye penegakan protokol kesehatan, peningkatan kekebalan tubuh dengan program vaksinasi juga telah dilakukan terhadap tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Tanah Datar.

Pada vaksinasi Covid 19 tahap 1 terhadap 1400-an tenaga kesehatan, realisasi vakisnasi lebih kurang sebesar 76% dari total sasaran. Angka ini masih jauh dibawah target sasaran, yang berkisar dipersentase 95 % dari total sasaran.

” mengapa persentasenya segitu, karena ada 500 tenaga kesehatan kita yang komorbid, atau ada penyakit penyerta, jadi tidak bisa kita berikan vaksin,” ungkap Yesrita.

Ia melanjutkan, upaya pencegahan dan penularan Covid 19 ditengah tengah masyarakat akan tetap dilakukan, terutama dalam peningkatan kekebalan tubuh.

Sementara, Program vaksinasi tahap 2 akan
Segera dilaksanakan dengan sasaran TNI Polri dan pelayanan publik. Sebanyak 1514 orang menjadi sasaran vaksinasi tahap 2 ini.

Rencananya, vaksinasi tahap 2 akan mulai dilakukan pada Kamis (4/3) mendatang.

” untuk vaksinasi tahap 2 ini, rabu kita akan menjemput vaksin dan esok harinya, kamis kita akan lansung melakukan vaksinasi tahap dua dengan sasaran TNI Polri dan pelayanan publik. Kita juga sudah berkordinasi dengan Kodim dan Polres,” kata nya.

Ia melanjutkan, usai vaksinasi tidak semerta merta akan membentuk kekebalan terhadap penerimanya. Untuk itu, penerima vaksin dan masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas.

” jadi masyarakat tetap diminta menerapkan protkes, 3 M,” tambahnya.

Sementara, terkait tidak adanya tempat isolasi yang representatif bagi penyerta Covid 19 di Tanah Datar, pihaknya akan sesegera mungkin berkordinasi dengan kepala daerah.

” jadi nanti kalau ada masyarakat kita yang OTG, tidak perlu kita lakukan isolasi di asrama haji. Kalau sekarang kan di asrama haji. Kalau ada kita punya tempat yang representatif, maka tidak perlu kita kirim kesana lagi,” lanjutnya.

Kedepannya, Dinkes Tanah Datar juga berencana melakukan kampanye 3 M di pusat layanan kesehatan masyarakat atau Puskesmas.

” kalau disetujui oleh pimpinan kita akan membuat dimana semua puskesmas di kecamatan akan kita berikan banner dalam bentuk pengetahuan, Protkes 3 M ini, Covid itu apa. Bagaimana masyarakat bisa tahu vaksinasi itu apa. Kalau sudah banyak masyarakat kita yang vaksinasi maka sudah terbentuk kekebalan masyarakat,” tutup Yesrita.

Sampai saat ini, akumulasi kasus penyebaran Covid 19 di Tanah Datar telah mencapai 1221 orang, dimana 1083 orang sudah sembuh dan meninggal dunia sebanyak 40 orang. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top