Wisata

Tiket Pesawat Mahal Berdampak Negatif Bagi Pariwisata Sumbar

Padang, Prokabar – Harga tiket pesawat udara rute Padang-Jakarta yang cekup mahal dinilai akan berdampak terhadap sektor pariwisata di Kota Padang, Sumatera Barat dengan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan.

“Kenaikan tiket pesawat ini akan mematikan sektor pariwisata apalagi Padang dikenal sebagai salah satu kota tujuan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Sabtu.

Menurutnya kenaikan harga tiket tersebut diperparah oleh kebijakan bagasi berbayar yang pada akhirnya akan mematikan industri oleh-oleh.

“Tidak ada lagi orang yang mau beli oleh-oleh, ini akan mematikan UKM, apalagi biaya bagasi lebih mahal daripada nilai oleh-oleh yang dibeli,” ujarnya.

Pada sisi lain ia melihat lebih murahnya tiket pesawat Padang ke Kuala Lumpur daripada Padang Jakarta juga akan membuat devisa keluar.

Akhirnya orang Sumbar malah berwisata ke luar negeri, untuk ke Padang-Jakarta tiket saja habis Rp4 juta sementara ke Puket hanya Rp2,6 juta sudah masuk tiket hingga penginapan,” katanya.

Ia mengaku berdasarkan penelusuran yang dilakukan hotel juga banyak kosong saat ini.

Orang yang hendak mengadakan acara di Padang akan berpikir ulang karena tiket mahal, kata dia.

Medi menilai selama ini pengguna pesawat udara lebih banyak berwisata karena yang melakukan perjalanan dinas tidak terlalu banyak.

“Karena tiket mahal tentu orang akan mengurungkan niat untuk liburan,” ujarnya.

Apalagi saat ini wisata sudah mulai jadi gaya hidup namun karena persoalan ini menjadi terhenti dan berdampak pada sektor pendukung seperti hotel, restoran hingga transportasi.

“Semua mata rantai yang terkait sektor pariwisata akan terimbas, hal sederhana adalah transportasi daring akan sepi penumpang,” katanya.

Sementara berdasarkan pemantauan pada situs penyedia tiket daring rute Padang-Jakarta pada Sabtu siang untuk maskapai kelas ekonomi dengan keberangkatan pekan depan mencapai Rp1.134.000 untuk penerbangan langsung dengan durasi 1 jam 50 menit yang dalam kondisi normal sekitar Rp700 ribu.

Sedangkan untuk tiket Padang- Jakarta dengan transit di Kuala Lumpur hanya Rp998.000 dengan lama perjalanan 7 jam 30 menit.

Kemudian harga tiket untuk maskapai layanan penuh keberangkatan pekan depan untuk Padang-Jakarta Rp1.921.000 yang dalam kondisi normal hanya sekitar Rp1 juta.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top