Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tahapan Pilkada Terus Berjalan, KPU Pasaman Buka Penerimaan PPDP

Dibaca : 213

Pasaman, Prokabar — Tahapan pembentukan badan ad hoc Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pemilihan Serentak 2020 telah dimulai Rabu (24/6).

Seluruh proses pembentukan PPDP ini akan dilaksanakan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan dari ancaman terpapar corona.

Ketua KPU Pasaman, Rodi menjelaskan, dalam proses PPDP, nantinya bakal calon PPDP bakal memberikan dokumen pendaftaran atau semacamnya kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), pelaporan nama-nama calon PPDP kepada KPU kabupaten, penyerahan Surat Keputusan (SK) PPDP oleh KPU kabupaten hingga penyampaian pakta integritas.

“Jadwalnya hingga 14 Juli mendatang dan masa tugas PPDP mulai 15 Juli hingga 13 Agustus. Informasi orang-orangnya bakal kami umumkan di laman website KPU nantinya,” kata Rodi.

Ia menjelaskan, bakal calon PPDP ini, merupakan rukun warga, rukun tetangga, jorong atau masyarakat yang diusulkan PPS setempat.

Terkait syarat calon PPDP, Rodi menjelaskan yang bersangkutan harus tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin pegawai, independen dan tidak berpihak (ada surat pernyataan), berusia di antara 20 tahun hingga maksimal 50 tahun dan sehat jiwa dan tidak memiliki penyakit degenerative (ada surat pernyataan).

Sementara itu, Anggota KPU Pasaman Eria Candra mengingatkan, dua hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan PPDP. Yaitu kriteria dan bimtek.

“Nantinya ada formulir untuk merekap data PPDP, termasuk NIK dan nomor HP. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, sehingga KPU Pasaman sudah ada basis data lengkap,” pungkas Eria. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top