Musik

Susy Garden Gelar Konser ‘Plantasia’ Khusus Tanaman

Susy Garden Gelar Konser 'Plantasia' Khusus Tanaman

Dibaca : 174

Jakarta, Prokabar – Bagi komunitas pecinta tanaman pasti tak asing dengan istilah terapi suara (musik). Tanaman yang dirawat sepenuh hati disertai alunan musik ternyata mempengaruhi pertumbuhan dan membuatnya ‘bahagia’.

Dasar inilah yang membuat dr Sally Fedrini, MARS pencetus Susy Garden menggelar konser ‘Plantasia’ khusus tanaman. Artinya hanya tanaman saja yang jadi penonton dan menikmati musik yang disajikan.

“Sebenarnya di luar negeri sudah sering tuh bikin konser plantasia, konser untuk tanaman. Kebiasaan di rumah juga suka putar lagu ‘Plantasia’ karya Mort Garson,” aku Sally saat ditemui Prokabar.com saat peresmian Susy Garden di Pondok Melati, Bekasi.

“Ternyata ada frekuensi-frekuensi tertentu yang disukai tanaman. Kebetulan di Bandung ada musisi duo Bottle Smoker yang berhasil melakukan penelitian. Mereka membuat karya (musik) khusus yang bisa buat tanaman ‘bahagia’,” ujarnya menambahkan.

Ternyata setelah menggelar konser di Bandung bersama Bottle Smoker, antusias komunitas pecinta tanaman sangat tinggi. Sally lantas membawa konsep konser serupa di Jakarta dan Bekasi.

“Kalau orang sampai bawa tanaman ikut konser itu kan bener-bener suka tanaman. Bisa dibilang sudah jadi ‘Dewa’ bagi tanaman,” ucap Sally.

Menurut personil Bottle Smoker, Angkuy dan Nobie, komposisi musik natural, musik klasik, elemen string, pola repetitive, hingga frekuensi suara tertentu mampu meningkatkan kesuburan tanaman.

“Sebelumnya kami sudah eksplorasi pada tumbuh-tumbuhan sebagai sumber bunyi. Di konser Plantasia ini, kami ingin memberikan timbal balik kepada tumbuh-tumbuhan khususnya tanaman dengan menyajikan konser musik yang bisa membuat mereka bahagia,” ungkap Angkuy.

“Tanaman memiliki sensitivitas yang tinggi juga, ia bisa merespon banyak hal termasuk musik. Konser Plantasia ini menjadi bagian dari program Bottlesmoker untuk terus eksplorasi pada musik di lingkungan sekitar,” tutur Nobie menambahkan.

Selain konser ‘Plantasia’, Susy Garden juga menyediakan tempat berkumpul bagi komunitas pecinta tanaman. “Sambil melihat koleksi Susy Garden juga bisa menikmati sajian kopi yang kami sediakan. Di sini kita bisa workshop tanaman dan belanja. Konsepnya outdoor dan tujuannya agar banyak orang terbiasa dengan tanaman,” ujar Sally.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top