Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

Sukseskan Vaksinasi, Pemerintah Siapkan 23 Ribu Vaksinator

Dibaca : 89

Jakarta, Prokabar — Upaya pemerintah dalam menyiapkan vaksin Coronavirus Disease (Covid-19) terus dilakukan, mulai dari penyediaan vaksin Covid-19 dengan tahapan pengujian hingga dikeluarkannya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM).

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 mengatakan selain itu juga pemerintah menyiapkan tenaga kesehatan (Nakes). Sebanyak 440 ribu nakes dan 23 ribu vaksinator siap sukseskan vaksinasi Covid-19 ke seluruh daerah.

Oscar Primadi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan menurut data per 5 Desember 2020, sebanyak 12.408 orang untuk 21 provinsi sudah dilakukan pelatihan.

“Untuk workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator ini telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 provinsi. Artinya semua berjalan sesuai rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi tercukupi,” kata Oscar dilansir, Selas (15/12).

Selain itu lanjut Oscar, modul pelatihan bagi para vaksinator dibuat dalam bentuk kurikulum virtual. Untuk alat pelindung diri (APD), Kemenkes juga menyiapkan untuk sosialisasi ke seluruh pelatihan vaksinator ini.

Sekaligus penyediaan cold chain, logistik pendukung, termasuk APD level satunya. Oscar mengatakan semua rencana itu sudah berjalan dan diikuti dengan penyiapan-penyiapan pembiayaan yang sudah diukur dan direncanakan dengan baik.

Oscar juga mengatakan upaya-upaya ini harus sampai ke daerah, Dinas Kesehatan, Puskesmas merupakan ujung tombak untuk memberikan edukasi ke masyarakat. Ia juga berharap tidak semata-mata pesan yang sulit-sulit diterima masyarakat.

“Jika memang bisa bersifat local wisdom, bahasa-bahasa daerah yang bisa disampaikan ke masyarakatnya karena akan lebih baik. Secara umum dalam konteks ini kita tentunya sudah membuat semacam guidance untuk teman-teman mengkomunikasikan itu,” kata Oscar. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top