Daerah

SMAN 1 Tanjung Raya Latih Kepemimpinan Untuk OSIS 2020

Dibaca : 365

Maninjau, Prokabar — SMA Negeri 1 Tanjung Raya melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada pengurus OSIS periode 2020/2021. Kegiatan berlangsung dari Sabtu (8/2) hingga Minggu (9/2) ini.

Dalam kesempatan tersebut selain jajaran SMAN 1 Tanjung Raya, Alumni sekaligus Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, dari PKS, Rinaldi turut serta mengayomi dan memotivasi kader generasi penerus tersebut.

“Setiap usai serah terima pengurus OSIS, kami selalu membekali pengurus OSIS baru dengan latihan dasar kepemimpinan (LDK). Dengan materi standar berupa Pengenalan tentang OSIS, membuat proposal, Teknik Rapat, membuat program, kepemimpinan serta management berorganisasi,” ungkap Kepala SMAN 1 Tanjung Raya, Burma melalui Wakil Kepala, Chandra, Minggu (9/2).

Agar tidak menggangu PBM (Proses Belajar dan Mengajar), dilaksanakan beberapa hari setelah belajar pagi selesai. “Artinya, tidak menggangu jam belajar siswa,” terangnya.

Biasanya, acara penutupan dilaksanakan di luar lingkungan sekolah. Dan untuk tahun ini dilaksanakan outbond di Lembah Segar, Lubuk Basung.

“Untuk menerapkan hasil LDK, kami menyiapkan kegiatannya berupa diadakannya Ekspo SMANSATARA di pekan 3 Maret. Program sekolah menampilkan potensi yang ada atau ekskul untuk pengembangan diri berupa kesenian, olahraga, jurnalistik, foto grafi, juga berkaitan PBM seperti budidaya jamur, masakan jamur paska panen, pembuatan pupuk cair, daur ulang barang bekas, media belajar praktis dan macam-macam produk membanggakan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Rinaldi selaku alumni angkatan 94 menjelaskan kepada peserta OSIS untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan diri sebagai pengurus. “Berkat pernah aktif sebagai Ketua OSIS, menjadi pengalaman paling berharga saya untuk menempuh pendidikan selanjutnya dan di dunia kerja. Terutama dalam berorganisasi di Kampus ITB dan pengalaman bekerja yang pernah saya lalui,” tutur Mantan Sespri Gubernur Irwan Prayitno periode 2009 sampai 2019 ini. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top