Kesehatan

Simak Pentingnya Terapi Akupunktur Bagi Hewan Peliharaan

Dibaca : 128

Jakarta, Prokabar – Terapi tusuk jarum yang lumrah digunakan terhadap manusia, ternyata bisa diterapkan pada hewan peliharaan. Banyak manfaat yang bisa membuat hewan kesayangan nyaman dan sehat.

Menurut drh Erlina Susanti manfaat akupuntur pada hewan, bisa menyeimbangkan energi yang tidak seimbang. “Jadi dengan kita memberikan titik akupuntur kemudian kita harapkan energi akan mengalir menjadi seimbang,” jelas Erlina, dokter hewan di Petlove Center.

“Titik titik tersebut biasa kita sebut titik meridian sehingga kita bisa menyeimbangkan energi yang tadinya sakit menjadi lebih seimbang,” ujarnya menambahkan.

Bila dibandingkan dengan penanganan akupunktur pada manusia, terapi ini juga kurang lebih sama.

“Intinya kita seperti memberikan resep di obat dimana keluhannya apa, berlangsung berapa lama kemudian kita pilih titik titik tersebut. Ada yang sama kemudian kita selaraskan titik mana yang tepat. Resepnya disini, titiknya dimana kemudian kita bisa lakukan 6-8 kali akupuntur dan melihat hasilnya seperti apa,” bebernya.

Jenis penyakit apa saja yang bisa diterapkan dengan terapi akupunktur?

“Hewan hewan yang kami berikan akupuntur adalah hewan yang lumpuh, sakit kepala atau hewan yang tengkleng lehernya. Ada juga yang penyakit dalam yang tandanya sulit diberikan obat minum kemudian kita maintain dengan akupuntur sehingga kita bisa mengurangi obat yang diminum,” sebutnya.

“Ini lebih aman biasanya ini dilakukan untuk hewan hewan tua. Menghemat sisi metabolisme, obat juga dibuang ginjal dan liver sehingga tubuh bisa lebih ringan tidak terlalu banyak obat yang masuk dalam tubuh. Bisa untuk menghilangkan rasa sakit juga,” ujar Erlina.

Penasaran dengan harga terapi akupunktur? Petlove Center menawarkan terapi ini berkisar mulai dari Rp 80 ribu – Rp 150 ribu. “Harga tersebut untuk maintenance, tapi untuk pertama kali datang dengan keluhan yang bermacam, kita harus telusuri dulu titik sakit fokusnya dimana. Apakah ini penyakit metabolisme atau penyakit tulang, otot,” bebernya.

“Setelah itu kita baru berikan pendamping dengan akupuntur. Bahkan yang sehat pun kita berika terapi akupunktur pun bisa. Dalam artian sehat sekedar supaya lebih sehat seperti vitamin. Titik vitamin itu yang kita berikan. Tentunya, hewan sakit bisa ratusan ribu,” tambah Erlina.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top