Daerah

Ribuan Masyarakat Antusias Ikut Tour de Antokan Agam 2019

Foto : Mc Agam

Agam, Prokabar Sekitar 2.600 orang tumpah ruah mengikuti Gowes Tour de Antokan Agam (TdAA) 2019, Minggu (3/3). Bupati Agam Indra Catri yang melepas rombongan mengatakan bahwa para peserta akan menjajal rute sejauh 32 kilometer.

Kegiatan ini diawali dengan deklarasi Millennial Road Safety Festival 2019 dari Polres Agam, dan rencananya TdAA akan dijadikan agenda tetap tahunan Kabupaten Agam, karena melihat animo masyarakat yang tinggi.

“Maka kami Pemerintah Kabupaten Agam akan menetapkan event ini sebagai agenda tahunan. Tidak hanya itu, ke depan juga akan segera merancang sport tourism yang lain, salah satunya adalah Tour de Maninjau dan Jelajah Sajuta Janjang,” kata Indra Catri.

Lebih lanjut dirinya menegaskan, Agam telah menunjukkan kapabilitasnya untuk menjadi lokasi penyelenggaraan event berkelas yang menghadirkan puluhan ribu peserta.

Hal ini lanjut dia, tidak saja bermanfaat bagi para peserta yang datang, tapi juga bagi masyarakat Agam sendiri selaku tuan rumah. 

Selain itu menurut Indra, Agam sudah menjelma menjadi destinasi one stop adventure. Di Agam, sebuah event memiliki makna yang lebih luas.

“Sport tourism di sini tidak hanya sebatas olahraga dan kompetisi, tapi di atas itu kesempatan untuk berbaur, memperbanyak saudara, dan kesempatan untuk reuni. Dengan ramainya event, perekonomian menggeliat, ukhuwah terjalin,” tutup Indra.

Sementara itu, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung Tasman menyampaikan, penyelenggaraan ini adalah salah satu bentuk partisipasi dan komitmen pihaknya dalam mendukung salah satu visi Bupati Agam, untuk menjadikan Kabupaten Agam sebagai pemain utama dalam sektor sport tourism dan penyelenggaraan event religi.

“Sangat tepat jika bupati menjadikan Agam sebagai daerah destinasi utama bagi sport tourism dan di bidang keagamaan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Agam dikaruniai bentangan alam yang indah, dan memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi yang terdepan.

“Selain itu, penyelenggaraan event TdAA 2019 ini adalah salah satu bentuk komitmen Bank Nagari untuk turut berperan serta membawa Agam menuju visi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Dari pantauan, terlihat animo masyarakat yang jauh lebih tinggi dibandingkan kegiatan sebelumnya, bukan hanya sebagai peserta gowes TdAA, namun tidak sedikit masyarakat yang berperan serta dengan cara menyediakan air minum gratis bagi peserta yang melintas di lingkungan mereka.

Gowes Tour de Antokan Agam 2019 yang disponsori oleh Bank Nagari ini, diikuti ribuan peserta dari berbagai kabupaten dan kota di Sumatra Barat dan provinsi tetangga.

TdAA 2019 ini juga menyediakan hadiah yang jauh lebih banyak dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, antara lain tiga buah sepeda motor, 10 unit sepeda, dan ratusan hadiah menarik lainnya. (MC/Hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top