Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

PSSI Kembali Gelar Kursus Kepelatihan AFC Pro, Tiga Peserta dari Sumbar

Dibaca : 259

Jakarta, Prokabar – PSSI akan menggelar kembali kursus kepelatihan lisensi AFC Pro. Rencananya agenda tersebut akan diikuti 22 peserta yang mayoritas merupakan pelatih-pelatih tanah air. Tiga orang diantaranya berasal dari Sumatra Barat.

Weliansyah menganggapi positif dan tertantang untuk meraih lisensi tertinggi itu, tatkala namanya masuk dalam dalam daftar peserta kursus kepelatihan lisensi AFC Pro 2020 yang dirilis PSSI melalui website pssi.org, Selasa (4/2).

Bersama dua pelatih asal Sumatera Barat lainnya, Jafri Sastra dan Hendri Susilo, Weliansyah bakal mengikuti kursus itu mulai tanggal 23 Maret 2020. Weli mengucapkan rasa syukurnya bisa terpilih untuk mengikuti kursus tersebut.

“Alhamdulillah bisa terpilih ikut AFC Pro tahun ini. Kesempatan yang harus saya manfaatkan. Ilmu dan pengetahuan sepakbola itu berkembang dinamis. Saya tentu harus mengikutinya, up grade kemampuan. Saya mohon doanya, semoga bisa mengikutinya dengan baik. ujar pria 54 tahun ini. .

Weliansyah menambahkan kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro 2020, jumlah peserta sebanyak 22 pelatih. Nantinya, mereka wajib mengikuti kelas dengan total delapan modul.

“Dari keterangan dan informasi yang saya dapatkan, materi kursus tahun ini ada perbedaan dengan edisi pertama tahun lalu. Tahun ini akan lebih fokus pada tim taktik,” tukasnya.

Selain itu, jika edisi sebelumnya kunjungan akhir peserta melakukan observasi ke Spanyol, maka pada tahun ini direncanakan dua kunjungan. Pertama ke Qatar dan kedua ke Italia.

“Lisensi AFC Pro kini lebih detail, akan lebih fokus pada tim taktik, fokus pertandingan ke pertandingan. Artinya setiap selesai pertandingan akan ada koreksi dan analisa. Bentuk latihan, diskusi dan praktek juga akan ada perubahan sedikit,” ungkap Ahmad Bader, Senior Technical Advisor Coaching Education Director PSSI, dikutip dari laman PSSI.

Kursus tersebut jadi yang kedua diselenggarakan PSSI. Setelah pada tahun lalu kursus itu diikuti sebanyak 20 pelatih lokal dan tiga orang sisanya berasal dari Malaysia dan Jepang.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, mengatakan kursus itu merupakan program prioritas pihaknya untuk membangun sepakbola nasional. “Dua area lainnya adalah pengembangan pemain dan perwasitan. Program ini secara konsisten dan kontinyu dilaksanakan PSSI,” kata Iriawan dikutip laman resmi PSSI.

Sedangkan Senior Technical Advisor Coaching Education Director PSSI, Ahmad Bader, menyebut kursus lisensi AFC Pro tersebut akan berbeda dibanding edisi pertama. Pada tahun ini akan lebih fokus ke area taktik.

“Lisensi AFC Pro kini lebih detail, akan lebih fokus pada tim taktik, fokus pertandingan ke pertandingan, yang artinya setiap selesai pertandingan akan ada koreksi dan analisa. Bentuk latihan, diskusi dan praktek juga akan ada perubahan sedikit,” ucap Bader.

Bila pada edisi pertama kunjungan akhir para peserta ke klub LaLiga Spanyol Deportivo Alaves. Di tahun ini akan ada dua tempat yang dikunjungi yakni Qatar dan kemungkinan Italia.

Agenda tersebut dijadwalkan berlangsung pada 23 Maret 2020. Sementara untuk kunjungan pertama akan dilaksanakan Juni mendatang, lalu observasi kedua Mei tahun depan.

“Jika sudah memiliki izin convention, maka waktu pelaksanaanya pun bisa lebih cepat, tidak perlu bersurat miminta izin, lalu menunggu.”

Berikut daftar peserta Lisensi AFC Pro yang dilenggarakan oleh PSSI
01. Simon McMenemy
02. Herrie Setyawan
03. Eko Purjianto
04. Rasiman
05. Bima Sakti
06. Francis R Wewengkang
07. Uston Nawawi
08. Nova Arianto
09. Firmansyah
10. Satia Bagdja Ijatna
11. Ricky Nelson
12. Mahruzar Nasution
13. Fakhri Husaini
14. Hendri Susilo
15. Miftahudin
16. Jafri Sastra
17. Kartono Pramdhan
18. Weliansyah
19. Kim Sam Kik (Korea Selatan)
20. Maruful Hague (Bangladesh)
21. Subramani (Singapura)
22. Putu Gede. (mht)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top